Tips Memilih Selimut Bayi yang Baru Lahir

awanbabyclothing – Dalam memilih selimut bayi tentulah harus yang nyaman bagi bayi. Karena selimut bayi digunakan untuk kehangatan bayi jadi bila bunda tidak memilih selimut yang baik dan benar maka bisa berdampak ketidaknyamanan bagi si bayi. Bahkan bisa jadi bayi akan mengalami alergi di kulitnya. Berikut sederet tips maupun panduan bagi bunda yang sedang memilih selimut bayi.

Perhatikan Bahan Selimut

Pilih selimut yang memiliki bahan aman dan halus. Pastikan bahwa bahan selimut tersebut tidak membuat badan bayi gatal-gatal atau membuat bayi kepanasan. Sebagai contoh, selimut bahan katun biasanya cukup nyaman bagi bayi. Namun meski begitu prosentase katun dalam selimut ternyata juga berbeda-beda. Sehingga untuk mengetesnya, bunda bisa membungkus tangan bunda dan rasakan tingkat kehangatannya. Selimut yang menggunakan bulu tiruan (fleece) yang tidak mudah rontok bisa menjadi alternatif yang dapat bunda pilih.

Pilih yang Anti Bakeri dan Jamur

Produk-produk yang aman tentu akan selalu dipilih para bunda untuk kebutuhan si kecil. Karena itu pastikanlah selimut yang anti bakteri dan jamur. Anda bisa melihat dari kemasan selimut untuk mengetahui apakah bahan selimut anti bakteri dan jamur atau bukan.

Perhatikan Desain yang Menarik

Meski bayi yang baru lahir belum mengerti apa-apa, akan tetapi tak ada salahnya memilih model yang unik dan menarik. Biasanya model selimut bayi ada beberapa macam seperti model hoodie (yang memiliki tudung kepala), persegi empat, hingga selimut yang model sweater. Anda juga bisa memilih gambar/motif hewan, bunga, tokoh kartun, maupun permainan warna cerah.

Hindari Aksesori Kecil Pada Selimut Bayi

Dalam memilih selimut bayi ada baiknya menghindari adanya aksesori-aksesori kecil pada permukaan selimut bayi. Hal ini untuk mencegah tertelannya aksesori oleh bayi.

Sesuaikan Ukuran Selimut

Pemilihan ukuran selimut juga bisa menjadi salah satu pertimbangan. Biasanya bayi yang baru lahir memiliki panjang sekitar 50 cm jadi perkirakan saja ukuran selimutnya sesuai referensi. Bila bunda butuh untuk membedong bayi maka perkirakan juga ukuran selimut yang bisa menutupi seluruh tubuh bayi kecuali kepala. Sementara itu untuk lebar selimut perkirakan saja yang bisa merangkap 3 kali lipat.

Add a Comment