Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil, Bisa Jadi Penyakit

Penyebab Sering Buang Air Kecil

PrimaBerita – Ketika anda sering ingin buang air kecil kemunkinan penyebab hal tersebut karena beberapa gangguan kesehatan. Beser atau keinginan untuk buang air kecil terus menerus pasti pernah Anda alami.

Buang air kecil adalah peristiwa mengeluarkan urin pada alat pembuangan air kecil dari uretra sampai meatus air kecil keluar tubuh. Peristiwa tersebut juga banyak yang menamai dengan nama pipis dan kencing. Dalam kesehatan manusia (dan beberapa hewan lainnya) proses buang air kecil d!bawa d bawah kontrol sukarela.

Penyebab beser bisa berbagai macam, mulai dari konsumsi obat-obatan diuretik (memicu produksi air seni) atau salah satu pertanda kehamilan akibat tekanan rahim pada kandung kemih.

Berikut kemungkinan gangguan kesehatan penyebab Anda Sering Buang Air Kecil

Diabetes

Salah satu gejala diabetes tipe 1 maupun 2 adalah kebiasaan buang air kecil yang sering. Karena tubuh berusaha mengeluarkan glukosa yang tidak berguna lewat urin.

Gangguan prostat

Prostat yang membesar akan menekan saluran kemih dari kandung kemih ke luar tubuh (uretra) dan menutup aliran urin. Akibatnya, kandung kemih berkontraksi sehingga menimbulkan keinginan untuk buang air kecil.

Sindrom Kandung Kemih (interstitial cystitis)

Gejalanya adalah timbulnya rasa sakit kandung kemih dan area tulang panggul. Akibatnya, meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.

Stroke

Gangguan saraf yang menyuplai darah ke kandung kemih bisa memicu gangguan pada fungsi kandung kemih, salah satunya keinginan untuk buang air kecil.

Minum terlalu sedikit air

Seseorang yang takut beser, biasanya takut minum air. Padahal hal ini akan menyebabkan iritasi kandung kemih yang akhirnya memunculkan gejala beser.

Infeksi ginjal

Infeksi ginjal akan berimbas pada kandung kemih. Biasanya ini merupakan salah satu penyebab utama munculnya beser.

Jadi, jangan sepelekan kondisi tubuh Anda. Jika Anda sering mengalami beser, segera konsultasikan kepada dokter.

Add a Comment