Hindari 5 Situasi Ini Tidak Tepat Untuk Bercanda

Situasi Tidak Tepat Untuk Bercanda

PrimaBerita – Bercanda memang perlu, selain dapat membuat orang lain tertawa juga bisa mengurangi stres. Namun sebaiknya hindari beberapa situasi tidak tepat untuk bercanda.

Banyak orang yang memanfaatkan waktu kebersamaan dengan saling bercanda satu dengan yang lainnya.

Berikut 5 Situasi Tidak Tepat Untuk Bercanda

1. Saat pembicaraan serius

Terkadang ada orang yang justru akan tersinggung jika anda sebagai pendengar justru malah bercanda ketika ia sedang serius membicarakan sesuatu.

Tidak jarang pula orang akan merasa kesal dengan sikap bercanda anda, alhasil ia bisa jadi malas berbicara hal-hal serius lagi dengan anda nantinya. Bahkan bisa saja anda tidak ikut serta dalam obrolan kelompok lagi.

2. Saat situasi gawat

Hindari bercanda pada situasi gawat, orang akan lebih cenderung tidak suka dengan anda atau bahkan marah akan sikap anda.

Ketika orang lain dalam posisi yang kurang baik ataupun keadaan dalam situasi gawat, bercanda menjadi suatu hal yang tidak etis dan menyebalkan bagi sebagian orang.

3. Saat orang lain berduka

Hormatilah orang lain yang memang pada posisi yang sedang susah, sebaiknya hibur orang tersebut supaya kesedihannya tidak berlarut.

Karena ketika anda bercanda saat orang lain dalam posisi berduka. Pandangan orang lain akan berubah terhadap anda. Merka akan berpikir anda tidak punya hati.

Bahkan terkadang juga bisa saja orang tersebut justru akan membenci anda dan membalas perlakuan anda.

4. Dalam sebuah acara formal

Bercanda harus tau tempat dan waktu yang tepat, sebaiknya hindari dulu bercanda ketika dalam sebuah acara formal. Acara yang mungkin biasa saja orang lain menganggapnya suatu yang sakral, penting dan butuh ketenangan.

Ketika anda justru bercanda dalam situasi demikian, bisa jadi orang menganggap anda tidak menghormati acara tersebut.

5. Dalam suatu tempat atau acara ibadah

Bercanda pada saat ibadah selain akan membuat anda dipandang tidak sopan juga akan membuat anda tergolong orang yang kurang baik karena tidak menghormati tempat ibadah.

Sebaiknya hormati dan jangan jadikan bercanda menjadi suatu hal yang bisa anda lakukan seenaknya.

Walaupun terkadang beberapa orang ada yang kurang memperhatikan situasi dan kondisi yang sedang terjadi, sebaiknya mulailah dari diri sendiri untuk mulai bisa menghindarinya demi kebaikan bersama.

Add a Comment