Tak Perlu Lama-lama, Tidur Siang Efektif Memperbaiki Mood

Tidur Siang Efektif Memperbaiki Mood

PrimaBerita โ€“ Mungkin bagi sebagian orang kesempatan untuk tidur siang jarang bisa dilakukan namun perlu anda ketahui bahwa tidur siang ternyata efektif dalam memperbaiki mood. Tak perlu berjam-jam, tidur siang selama 10 menit saja sudah baik bagi kesehatan.

Sebaliknya bila seseorang melakukan tidur siang yang terlalu lama artinya orang tersebut sudah memasuki fase deep sleep dimana fase tersebut akan membuat otak lebih tidak tanggap dalam merespon stimulus eksternal. Akibatnya setelah bangun tidur, seseorang bisa merasa bingung dan lesu. Biasanya kondisi ini disebut dengan sleep inertia.

Kegiatan ini juga tak mesti dilakukan oleh orang dewasa tetapi terhadap anak-anak juga kegiatan tidur siang bagus dan bermanfaat. Bagi anak-anak, manfaat tidur siang dapat meningkatkan IQ. Berikut ini manfaat lainnya dari tidur siang.

Manfaat Tidur Siang

Mampu Menyerap Informasi Lebih Cepat

Tidur siang sangat baik untuk mempertahankan kefokusan serta daya ingat seseorang. Bukan hanya itu saja, penelitian juga membuktikan bahwa seseorang mampu menyerap informasi lebih cepat usai tidur siang.

Lebih Produktif

Tidur siang singkat dengan durasi 10 sampai 20 menit mampu meningkatkan produktivitas seseorang, baik itu untuk melanjutkan pekerjaan atau kegiatan lain yang tertunda misalnya. Pasalnya hanya dengan tidur siang secara singkat, kemampuan psikomotor bisa lebih ditingkatkan.

Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Ternyata manfaat dari tidur siang bisa juga menurunkan tekanan darah secara signifikan. Bahkan dampak lainya disebut sama efektifnya seperti perubahan gaya hidup lain, seperti mengurangi konsumsi sodium serta alkohol.

Rata-rata dengan tidur siang tekanan darah seseorang bisa turun hingga 5 mmHg. Begitupun sebenarnya penurunan tekanan darah sebanyak 2 mmHg saja sudah baik bagi kesehatan. Yakni mampu menurunkan resiko serangan jantung hingga 10%.

Memperbaiki Mood

Tidur siang efektif dalam memperbaiki mood. Ketika seseorang memanfaatkan waktu sekitar 10 โ€“ 20 menit untuk tidur siang maka level energinya akan terisi kembali. Hal inilah yang membuat seseorang memiliki toleransi lebih baik terhadap kemungkinan merasa frustasi atau stres.

Bahkan seseorang dapat lebih positif dalam menyikapi segala hal yang dihadapkan dengannya. Selain itu tidur siang juga bisa membuat seseorang tidak mudah tersinggung.

Add a Comment