Ini 5 Cara Agar Hidup Tetap Damai Saat Diomongin Orang Lain

PrimaBerita – Mungkin beberapa dari anda seirng menjadi bahan omongan orang lain, apalagi orang tersebut merupakan orang terdekat anda. Pastinya menyakitkan bukan?. Namun anda bisa melakukan beberapa cara agar hidup tetap damai meski sudah diomongin orang lain.

Menjadi korban omongan memang sam sekali tidak enak. Dan biasanya orang-orang yang seperti itu adalah orang yang mudah menilai dan berkomentar apa saja terhadap tindakan yang telah anda lakukan.

Terkdang hal itu bisa menjadi alat kontrol setiap perilaku kita. Namun siapa yang tahan jika omongan orang tersebut malah membuat khawatir karena kata-kata yang buruk.

Perlu diketahui, selalu memikirkan omongan orang lain pun bisa menghambat anda dalam bertindak karena takut membuat orang lain kecewa sehingga jadi gak percaya diri untuk mengungkapkan pendapat.

Akibatnya akan melakukan sesuatu yang gak sesuai dengan keinginan dengan alasan untuk mencari aman saja.

Untuk itu, lakukan 5 cara ini agar hidup tetap damai saat diomongin orang lain.

1. Anggap hanya angin lalu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganggap omongan tersebut sebagai angin lalu dan jangan terlalu dipikirkan. Lalu tenangkan diri supaya terhindar dari rasa cemas.

Jika dengan mendengarkan omongan orang hanya menghambat diri kita untuk berkembang, memang lebih baik bersikap masa bodoh. Jangan biarkan perkataan mereka membuat sedih dan gagal meraih impian.

2. Be yourself

Jadilah diri sendiri karena setiap manusia itu unik dan spesial. Mereka memiliki ciri khas dan versi hidupnya masing-masing. Tetaplah menjadi diri sendiri dan banggalah akan hal tersebut. Jangan biarkan orang lain memaksa anda untuk menjadi seperti apa yang mereka inginkan.

3. Hormati kepribadian setiap orang

Anda tidak perlu membenci mereka yang suka mengomentari hidup anda. Yang terpenting jangan sampai terpancing emosi. Ingat, kepribadian setiap orang itu berbeda-beda dan anda harus menghormatinya.

Gak semua yang orang lain katakan tentang kita itu benar adanya. Jadi, jangan diambil hati dan terus saja melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia.

4. Sadari bahwa anda gak bisa mengontrol semua hal

Jika ada yang paling mengerti tentang bagaimana kita itu sudah pasti diri kita sendiri. Kita gak perlu membalas tindakan buruk yang orang lain lakukan pada kita. Kita juga harus menyadari bahwa kita gak bisa mengontrol apa yang akan orang lain katakan dan pikirkan tentang diri kita.

Buang jauh-jauh perkataan mereka yang hanya akan menyakiti perasaan. Sebaliknya, komentar yang membangun harus kita saring untuk introspeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. Menjaga lingkungan pertemanan yang positif

Lingkungan pertemanan turut mempengaruhi kepribadian seseorang. Untuk itulah kita harus mencari teman-teman atau sahabat yang selalu berpikiran positif, gak iri dengan pencapaian yang telah kita raih dan tentunya saling mendukung satu sama lain. Lalu ketika berhasil menemukannya, jagalah hubungan baik dengan mereka.

Add a Comment