Cara Mengatur Keuangan yang Baik Bagi Mahasiswa

PrimaDaily – Cara setiap orang dalam mengatur keuangan masing-masing memang berbeda-beda. Apalagi bagi mahasiswa yang sedang merantau dan jauh dari orang tua. Saat menerima kiriman pada saat awal bulan sebaiknya para mahasiswa harus betul-betul paham untuk mengendalikan keuangannya sendiri. Jangan sampai uang anda sudah habis sebelum waktunya.

Untuk mengetahui cara mengatur keuangan yang baik, anda bisa melihat ulasan berikut ini.

a) Belanja Sesuai Kebutuhan

Yang pertama sekali yang harus anda pahami adalah menggunakan uang untuk bijak membelanjakannya sesuai dengan kebutuhan. Untuk hal ini anda bisa membuat catatan daftar kebutuhan anda selama sebulan. Tulislah apa-apa saja yang memang benar perlu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mungkin itu peralatan mandi ataupun perlengkapan alat tulis. Dengan kata lain, anda harus memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.

Baca Juga: Kiat Mengatur Gaji Sedikit Dalam Sebulan

b) Catat Semua Pengeluaran

Setelah menuliskan daftar barang kebutuhan, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu mencatatkan apa saja yang menjadi biaya pengeluaran anda. Baik itu setiap waktu. Sebab hal ini bisa menjadi patron anda dalam menganggarkan kebutuhan pada bulan-bulan ke depan. Selain itu anda juga akan tahu kemana saja uang bulanan anda terealisasi.

c) Manfaatkan Sumber Pemasukan

Bila anda memiliki uang bulanan yang lebih, mungkin anda bisa memanfaatkannya untuk berkegiatan bisnis. Misal, anda bisa mulai berjualan pulsa.

d) Targetkan Bisa Menabung Setiap Bulan

Cobalah menargetkan sekian rupiah untuk kegiatan menabung dengan menyisihkan sebagian dana uang bulanan anda. Intinya kurangi perilaku konsumtif dan berfoya-foya. Karena tabungan ini nantinya bisa bermanfaat sebagai dana darurat ataupun hal-hal lainnya yang berguna. Misalnya ketika harus membeli buku yang harganya cukup mahal.

e) Jangan Terlalu Sering Jalan-jalan

Jalan-jalan atau liburan memang bagus untuk dilakukan supaya hidup tidak terlalu stres. Namun jika anda melakukan hal ini terlalu sering bahkan setiap bulan maka hal inilah yang bisa menjadi penyebab masalah keuangan anda.

f) Tak Perlu Membawa Uang Cash Banyak Saat Bepergian

Ketika anda pergi ke suatu tempat atau hanya sekedar menjumpai teman, usahakanlah tak perlu membawa banyak uang cash. Karena hal ini bisa memicu anda untuk mengeluarkan uang terhadap sesuatu di luar dugaan.

Sumber artikel: Primadaily.comCara Mengatur Keuangan yang Baik Bagi Mahasiswa.

Add a Comment