Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

bpjs

PrimaBerita– Banyak masyarakat belum mengetahui kalau mereka tidak perlu antri sejak subuh untuk mendapatkan nomor antrian untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan karena bisa dilakukan secara online.

Demi mengurangi penyebaran COVID-19 akhirnya pihak BPJS Ketenagakerjaan akhirnya membuka pendaftaran secara online. Daftar online BPJS dapat melayani klaim maupun pengecekan saldo. Anda tidak perlu repot lagi mengantri hanya untuk mencairkan BPJS anda.

Selain itu anda juga akan mudah menerima kepastian tanggal dan waktu pelayanan pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Diulasan ini akan dibahas cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Tujuan utama adanya pendaftran antrian BPJS Ketenagakerjaan ini adalaah mengurangi antrian yang biasa terjadi ketika pendaftaran masih menggunakan sistem offline. Namun tidak ssemudah itu untuk mendapat pendaftran antrian online ini.  Sehingga anda juga harus bersaing dengan peserta yang lainnya.

Berikut cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara online:

  1. Ambil nomor antrian secara online pada pukul 00:00 WIB

Buka alamat antrian online BPJS Ketenagakerjaan di https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id, yang sudah diperbaharui. Dihimbau anda membukanya tengah malam di jam 00:00 WIB, jika tidak maka antrian bisa penuh.

Bisa juga dengan membuka website dari laptop atau komputer, lalu isi formulir antrian online sebelum pukul 00:00 WIB. Kalau waktunya tepat seperti itu, mudah-mudahan akan tersedia pilihan tanggal untuk mendapatkan nomor antrian.

 2. Isi persyaratan lengkap dan tidak bermasalah

Setelah mendapatkan antrian online, anda akan mendapatkan email tanda bukti antrian online, dan diminta untuk mengirim scan sejumlah berkas asli melalui email. Contoh berkasnya:

-Kartu BPJSTK

-KTP

-Kartu Keluarga

-Surat Verklaring/surat keterangan berhenti bekeja.

-Buku Rekening(halaman no rek)

-Foto diri terbaru

-Formulir pengajuan JHT, atau download di website http://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id

Pastikan semua berkas sudah lengkap, dan tidak bermasalah.

 3. Konfirmasi ulang pengiriman berkas

Setelah berkas-berkas dikrim, kamu tinggal menunggu hari H sesuai tanggal antrian yang kamu dapatkan. Pada H-2 sebelum tanggal antrian, akan ada email laagi berisi permintaan untuk mengirim ulang (melalui email) berbentuk berkas-berkas.

Pengiriman file berkas disertai sreenshot bukti antrian online (ada di email pertama yanag kamu  dapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan).

 4. Verifikasi lewat video call

Petugas akan mengirim pesan terlebih dahulu sebelum video call, agar kita menyiapkan semua berkas yang diminta. Tidak ada komunikasi petugas melalui whatsaAp meminta data-data seperti password email, jumlah saldo JHT, dan lain-lain.

Setelah verifikasi lewat video call selesai , JHT anda kemudian cair selama kurang lebih 5 hari kerja dan di transfer ke rekening bank anda.

 

Add a Comment