Profil Dani Aditya, Komika Disibilitas yang Menginspirasi Dunia

Dani Aditya

PrimaBerita– Memiliki keterbatasan fisik yang dimiliki, ternyata tidak membuat Dani Aditya untuk menjadi orang yang dikasihani. Dani Aditya adalah seorang komika disibilitas tunggal asal Indonesia.

Adityanta Dani Darmawan adalah nama lengkap dari Dani Aditya yang lahir di Malang pada 17 November 1991. Dani merupakan seorang penderita difabel, sehingga sepanjang penampilann selalu dilakukan dengan duduk diatas kursi roda dua. Dani tetap percaya diri dan telah mendalami stand  up comedy selama tiga tahun di Malang pada tahun 2013.

Kehidupan Pribadi dan Karir Komika Dani Aditya

Kondisi yang dialami Dani hingga saat ini, diperoleh sejak ia berumur 5 tahun. Dani bersama keluarganya mengalami kecelakaan mobil di Pagaralam, Sumatera Selatan. Beruntung semuanya selamat. Namun, akibat kecelakaan tersebut, kedua kakinya tak bisa menompang seluruh tubuhnya. Sehingga saat jalan, dirinya membutuhkan alat bantu. Tutur bicara Dani juga tidak lancar, tidak seperti pada orang umumnya.

Baca juga : Profil Donnie Yen, Pemeran Yip di Ip Man

Nama Dani Aditya dikenal melalui tampilannya sebagai bintang tamu di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 4 pada tahun 2014. Dani Aditya pernah mengikuti ajang SUCI 4. Namun, perjalanannya cukup mulus saat babak audisi. Namun, pada saat babak pre-show di Jakarta, Dani tidak lolos. Lalu, pada tahun berikutnya, Dani mengikuti kompetisi SUCI 5. Dani terus berjuang, hingga mencapai salah satu 4 finasil SUCI 5.

Saat kompetisi, Dani konsisten membawakan materi komedi mengenai keresahan akan keadaan dirinya sebagai seorang penderita difabel. Dani berharap, penderita difabel tidak selamanya ditertawakan karena kekurang, tapi melalui kelebihannya dapat membuat hati orang bahagia. Salah satunya menghibur penonton dengan stand up comedy. Hal itu yang selalu disiratkan  Dani dalam menampilkan stand up comedy  di panggung.

Baca juga :  Profil Joaquin Phoenix Pemeran Film Terlaris Joker

Kehadiran Dani Aditya memberikan warna baru di dunia Stand Up Comedy Indonesia. Hal itu terbukti di seri-seri berikutnya semakin banyak penyandang disibilitas menjadi peserta untuk mengikuti kompetisi Stand Up Comedy.

Kini selain sibuk melakukan aksi stand up comedy, Dani yang juga telah jadi motivator dan mengisi cerita inspiratif, memberikan kiat dan kunci sukses seorang disabilitas di berbagai acara. Menurut Dani kuncinya hanya dua yakni berani jujur dan membuka diri.

Add a Comment