Manfaat Makan Es Krim bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Es Krim bagi Kesehatan Tubuh

PrimaBerita – Belum banyak diketahui orang, makan es krim memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Selama ini banyak yang menganggap es krim sebagai makanan yang tidak menyehatkan dan banyak merugikan tubuh.

Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk susu seperti krim, digabungkan dengan perasa dan pemanis buatan ataupun alami. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar.

7 Manfaat Kesehatan Makan Es Krim beagi kesehatan tubuh :

1. Melindungi gigi dan gusi

Es krim yang terbuat dari susu tentunya mengandung banyak kalsium yang dapat membantu melindungi gigi dan gusi agar tetap kuat. Sehingga, memakan es krim akan membantu mencegah terjadinya pengeroposan pada gigi sekaligus menghindari dari ancaman munculnya gigi berlubang. Namun, tetap perlu diketahui, manfaat ini hanya dapat anda rasakan jika mengonsumsi es krim yang terbuat dari susu.

2. Mencegah osteoporosis

Selain dapat melindungi gigi, es krim yang terbuat dari susu ternyata juga dapat memberikan asupan kalsium yang cukup besar bagi tubuh. Sehingga kebutuhan kalsium pada tulang dapat terpenuhi dan tulang tidak akan mudah rapuh dan keropos. Untuk itu, bagi kalian yang tidak menyukai susu, mengonsumsi es krim bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk memperkuat tulang lho.

3. Meredakan nyeri tenggorokan

James Steckelberg, konsultan kesehatan yang bekerja di Mayo Medical School Rochester menyarankan untuk menggunakan es krim sebagai obat alternatif untuk meredakan nyeri tenggorokan. Hal ini karena kandungan susu pada es krim tersebut justru dapat memberikan asupkan kalori sementara saat seseorang enggan mengonsumsi makanan akibat merasakan sakit saat menelan.

4. Meredakan flu

Saat terserang flu, kebanyakan orang pasti akan menghindari es krim agar kondisinya tidak semakin buruk. Faktanya, flu merupakan jenis penyakit yang muncul akibat serangan bakteri atau virus saat sistem imun sedang menurun. Jadi, tidak ada sama sekali hubungan antara es krim atau minuman dingin dengan munculnya penyakit flu.

Selain itu, salah satu perusahaan es krim di Amerika bernama Jeni’s Splendid Ice Cream bahkan menciptakan sebuah es krim yang diyakini dapat meredakan flu. Hal ini karena es krim tersebut dibuat dari bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti jahe, lemon, madu, dan sebagainya.

5. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi es krim ternyata tidak akan membuat berat badan kamu bertambah lho. Hal ini karena sifat dingin pada es krim justru dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga terjadi proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh. Tentunya, selain sifat dingin yang dimiliki es krim, kamu juga dapat menikmati manfaat lain dari kandungan pada es krim.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Susu sebagai bahan utama pembuatan es krim ternyata juga kaya akan laktoferin dan sitokin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, termasuk influenza. Hal ini karena pada saat sakit, tubuh akan membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Oleh karenanya, mengonsumsi es krim merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Menambah energi

Ternyata, es krim merupakan salah satu makanan yang dapat bermanfaat sebagai sumber energi. Hal ini karena es krim memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Semua kandungan tersebut tentunya sangat penting untuk memproduksi energi dalam tubuh sehingga dapat menunjang berbagai aktivitas yang sedang dijalani.

Add a Comment