Terungkap !! Alasan Uang Logam Pecahan Rp 1000 Dihargai Rp 20 Juta

Uang Logam Pecahan Rp 1000

PrimaBeritaUang logam pecahan Rp 1000 dihargai Rp 20 juta menjadi perbincangan banyak masyarakat. Pasalnya uang koin seribu rupiah yang bergambar kelapa sawit itu sangat unik.

Koin tersebut dijual oleh salah satu e-commerce dengan harga yang sangat mahal yaitu Rp 20 juta. Awalnya koin diedarkan sebanyak enam kali pada sepanjang 1993 – 2000. Selain memiliki bentuk yang berbeda juga memiliki dua warna yang berbeda. Ada warna Pada tengah koin berwarna kuning emas dan bagian pinggir berwarna perak.

Uniknya, warna dalam logam tersebut menggunakan dua bahan sekaligus. Yaitu 75% copper dan 25% nickel dan bagian inti 60-70% copper dan 30-40% zinc.

Dilansir dari Tribunnews.com ada seorang kolektor sekaligus penjual uang kuno asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bernama Sutomo. Memberikan komentarnya tentang uang koin Rp 1000 kelapa sawit yang dijual hingga puluhan juta rupiah pada e-commerce Shopee yang kemudian menjadi viral.

Menurutnya, pelapak yang menjual uang koin logam pecahan Rp 1000 dengan harga fantastis itu dilakukan secara asal-asalan. Pria tersebut mengatakan, uang koin Rp1.000 Kelapa Sawit belum masuk kategori uang yang kuno dan langka dan tidak masuk akal jika dijual dengan harga puluhan juta.

Ia juga menambahkan biasanya dirinya menjual uang koin tersebut senilai Rp1.500 per kepingnya.

“Itu (uang koin Rp1.000 Kelapa Sawit) masih banyak jumlahnya.”

“Mustahil jika harganya jutaan. Sementara uang yang sudah puluhan tahun aja, kenaikannya tidak terlalu signifikan,” imbuhnya.

Ia menyebutkan kriteria pertama uang tersebut sudah tidak diterbitkan lagi oleh Bank Indonesia (BI) dan juga sudah ditarik peredarannya.

“Misalnya uang tahun 70-an hingga ke bawah sudah termasuk langka itu,” kata dia.

Add a Comment