Rupiah Menguat, Dolar AS Merosot Meninggalkan Level Rp 14.000

PrimaBerita – Nilai tukar rupiah menguat dan dolar AS merosot meninggalkan level Rp 14.000. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tercatat mengalami penguatan pada hari ini, Jumat (5/6/2020).

Mata uang Garuda saat ini berada di level Rp 13.980. Penguatan rupiah berlanjut. Sedangkan Dolar AS bertengger di posisi Rp 13.000an.

Penguatan rupiah terjadi sejak awal April 2020. Pada awal April, dolar AS berada di level Rp 16.450. Sejak saat itu, dolar AS tunduk terhadap rupiah hingga saat ini berada di level Rp 13.980.

Kemarin pagi, dolar AS berada di level Rp 14.098. Ragam faktor mempengaruhi pergerakan mata uang AS belakangan ini, mulai dari kerusuhan akibat demo kematian George Floyd hingga respons pasar terhadap penanganan pemerintah dalam virus Corona.

Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Ryan Kiryanto mengungkapkan penguatan yang terjadi pada rupiah terhadap dolar AS ini karena pasar merespon positif kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Misalnya kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Kementerian Keuangan dan regulator keuangan.

Dia menyebutkan 60% faktor yang membuat rupiah menguat adalah dari dalam negeri. Sedangkan sisanya 40% sentimen negatif dari Amerika Serikat (AS) sehingga membawa aliran modal asing masuk ke emerging country.

Apalagi proyeksi lembaga keuangan dunia yang menyebutkan ekonomi Indonesia kemungkinan tidak kontraksi seperti negara-negara peers Indonesia. Menurut Ryan dengan kondisi yang menggembirakan ini diharapkan momentum penjagaannya bisa tetap stabil.

Dengan penjagaan yang manageable maka volatilitas ini tidak terlalu tajam dan kondisi ini sangat membantu pelaku usaha untuk menjalankan kegiatan ekspor impor dengan rupiah yang sesuai fundamentalnya.

Berdasarkan data Reuters dolar AS tercatat merosot ke posisi Rp 13.823 dan membuat rupiah menguat perkasa. Padahal sejak diumumkan adanya pasien positif COVID-19 di Indonesia, rupiah sempat gonjang-ganjing hingga dan dolar AS menuju ke level Rp 16.000an hingga diprediksi menyentuh Rp 17.000.

Add a Comment