Pemerintah China Ancam Akan Balas AS Terkait Akses Mahasiswa Tiongkok

Pemerintah China Ancam Akan Balas AS

PrimaBerita – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump membatasi akses mahasiwa asal Tiongkok terhadap perguruan tinggi Amerika Serikat. Pemerintah China ancam akan balas tindak AS tersebut.

Hal tersebut untuk membidik mahasiswa yang berhubungan dengan Partai Komunis Cina (PKC). Dan diambil sebagai reaksi atas pengesahan Undang-undang Keamanan Nasional untuk Hong Kong.

Menurut Kementerian Keamanan Dalam Negeri, pada tahun akademik 2018/19 sebanyak 272,470 mahasiswa Cina terdaftar di AS, 84,480. Di antaranya mengenyam studi di bidang sains dan ilmu terapan, demikian dilaporkan Forbes.

Pemerintah China ancam akan balas AS, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan. Setiap kata atau tindakan yang melukai kepentingan Cina akan dijawab dengan serangan balasan oleh pemerintah Cina, Senin (1/6).

Dia juga mengatakan kedua negara selama ini diuntungkan oleh kerjasama bilateral. Namun Beijing tidak akan ragu mempertahankan kepentingan ekonomi dan keamanannya, kata Zhao.

Sebelumnya, Gedung Putih menerbitkan Proklamasi Kepresidenan yang setara Perintah Presiden untuk mengusir atau melarang masuk mahasiswa Cina yang bekerja untuk semua lembaga milik PKC.

Mahasiswa yang terlibat dalam “strategi penggabungan militer-sipil” oleh pemerintah Beijing juga nantinya dilarang mendaftar masuk universitas AS.

Presiden Trump berulangkali menuding sejumlah mahasiswa Cina ikut melakukan spionase bisnis dan teknologi selama berada di AS. Termasuk perintah Gedung Putih kepada Kemenlu di Washington adalah mencabut visa dan izin tinggal bagi sejumlah mahasiswa Cina yang sudah berada di AS.

Add a Comment