Lomba Kebersihan, Kuburan Dicat Warna-warni

Kuburan Dicat Warna-warni

PrimaBerita – Sebuah TPU (Tempat Pemakaman Umum) RW 05 di kelurahan Tawangrejo, Kartoharjo, kota Madiun mendadak viral lantaran sebuah foto yang memperlihatkan kuburan tersebut dicat warna-warni tersebar di sosial media.

Berdasarkan foto yang sedang viral itu, tampak sejumlah batu nisan dengan dinding pembatasnya dicat dengan warna-warna yang cerah. Seperti warna merah muda, hijau, hingga warna ungu.

Namun bukan tanpa alasan. Rupanya keadaan ini merupakan sebuah bentuk dari perlombaan yakni lomba kebersihan makam yang digelar oleh dinas pertamanan dan kawasan permukiman kota Madiun.

Lihat Juga: Terungkap Motif Pedagang Bakso yang Ludahi Mangkuk Pesanan

“Kami bersama-sama mengecat makam ini untuk menghilangkan kesan seram, sekaligus untuk dilombakan dalam lomba kebersihan makam. Sehingga kami berinisiatif untuk menghias makam ini,” ujar pengurus makam Nguwot, Gunawan, sabtu pagi (27/06/2020).

Gunawan memberitahukan bahwa cat yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut sebanyak 50 liter. Karena seluruh makam dicat di lokasi TPU dan sudah mendapat izin dari pihak keluarga atau keluarga ahli waris.

“Kami sudah meminta izin kepada ahli waris, mereka juga ikut membantu mengecat,” tutur Gunawan.

Sementara itu waktu yang diperlukan untuk menghias makam yakni sekitar sebulan. Kemudian agar semakin memperindah lokasi pekuburan, makam tidak hanya dicat melainkan aneka ragam bunga juga ditanam di area makam.

Karena terlihat semakin menarik, kata Gunawan, kuburan yang sudah dicat warna-warni tersebut juga mendapat penerangan di malam hari agar tidak terlihat angker. Oleh karena itu usaha warga untuk menghias pemakaman Nguwot tidak sia-sia dan membuahkan hasil yang sangat baik. Makam Nguwot berhasil mendapatkan juara pertama dalam aksi lomba kebersihan makam.

Selain itu setelah dilakukan pengecatan makam, Gunawan juga menambahkan bahwasannya makam tersebut menjadi ramai dikunjugi warga, terutama anak-anak yang ingin berfoto di sekitar lokasi makam.

Add a Comment