Mengalah Saat Bertengkar Pilihan Baik, Ini Alasannya

PrrimaDaily – Dalam sebuah hubungan tentu saja akan ada obrolan untuk bertukar pikiran. Namun kadang menimbulkan pertengkaran, dan mengalah saat bertengkar merupakan pilihan yang baik.

Bahkan kadang mengalah justru jadi pilihan terbaik karena bisa meredakan suasana.

Berikut alasan mengapa Mengalah Saat Bertengkar Pilihan Baik

1. Perdebatan tidak akan semakin panjang

Alasan kenapa mengalah bisa jadi pilihan terbaik saat berdebat dan bertengkar adalah supaya hal yang diributkan tidak semakin panjang. Jadi daripada semakin memburuk dengan pertengkaran yang tambah memanas, akan lebih baik jika ada salah satu yang mengalah.

2. Jadi pilihan baik kalau lawan bicaramu orang yang keras kepala

Mengalah saat bertengkar dan berdebat kadang jadi pilihan baik kalau yang menjadi lawan bicaramu adalah orang keras kepala. Karena orang yang keras kepala pasti tidak mau mencoba mengerti dan hanya kukuh dengan pendapatnya sendiri, sehingga mengalah pun jadi pilihan terbaik.

3. Jika perdebatan adalah hal sepele

Lalu, mengalah saat berdebat pun jadi pilihan paling baik kalau hal yang jadi perdebatan merupakan hal sepele. Bukan suatu hal yang besar dan penting sampai harus terlalu dipermasalahkan. Jadi gak ada salahnya kalau kamu mengalah agar masalah tidak membesar.

4. Jika sudah emosional dan tak rasional lagi

Jika perdebatan dan pertengkaran sudah tidak rasional lagi dan emosional maka bisa dibilang mengalah adalah tindakan yang baik untuk dilakukan. Karena biasanya kalau sudah sampai di tahap ini kalian tidak menggunakan logika lagi, jadi daripada semakin melewati batas maka lebih baik kalau ada yang mau mengalah. Lagi pula perdebatan tidak akan efektif kalau sama-sama emosional, kan?

5. Mengalah bukan berarti kalah

Dan alasan yang terakhir adalah pada dasarnya mengalah tidak akan menjadikanmu kalah, kok. Jangan pernah takut untuk mengalah kalau menurutmu itu merupakan tindakan yang tepat, justru pada banyak kesempatan malah menunjukkan kalau kamu pribadi yang bijak.

Berdebat dan bertengkar itu hal biasa, dan jika situasinya semakin memburuk maka tidak apa-apa kalau kamu mengalah. Sebab lima alasan tadi juga sudah menjelaskan kalau mengalah justru bisa jadi pilihan terbaik dan tindakan yang bijak.

Sumber artikel: Primadaily.comMengalah Saat Bertengkar Pilihan Baik, Ini Alasannya.

Add a Comment