Waspada Gangguan Kesehatan Yang Muncul Selama Puasa

Penyebab Mual saat Puasa

PrimaBerita – Setiap orang pasti tidak menginginkan adanya gangguan kesehatan yang muncul selama bulan puasa.

Namun nyatanya selama puasa ada saja penyakit yang bisa muncul karena dalam waktu seharian seseorang telah menahan haus dan lapar.

Oleh karenanya cobalah untuk waspada terhadap gangguan kesehatan yang bisa saja muncul selama melakukan puasa.

Gangguan Kesehatan Yang Dapat Muncul Selama Puasa

Dehidrasi

Dehidrasi adalah keluhan yang sudah biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa muncul akibat tubuh telah kehilangan banyak cairan.

Oleh karena itu penuhilah asupan cairan selama masa ramadhan yaitu pada saat sahur, berbuka, dan pada malam hari.

Selain itu hindari mengonsumsi makanan asin dan terlalu pedas supaya tubuh tidak cepat dengan mudah diserang dehidrasi.

Asam Lambung

Gangguan yang bisa muncul selama bulan puasa ialah asam lambung. Penyakit asam lambung ini bisa dipicu ketika kondisi perut sedang kosong.

Dengan demikian kondisi bisa menjadi lebih parah bila anda tak menyempatkan makan saat waktunya sahur. Akan tetapi bisa juga dipicu karena anda langsung tidur setelah makan sahur.

Sakit Kepala

Sakit kepala memang kerap terjadi kepada orang yang sedang menjalankan puasa. Meski rasa sakit kepala seseorang dirasakan berbeda-beda, akan tetapi pola istirahat yang kurang teratur bisa menjadi faktor penyebabnya.

Maka dengan demikian penuhilah waktu tidur anda dengan teratur serta menyeimbangkan makan makanan yang bergizi saat berbuka maupun saat sahur.

Diare

Diare biasanya terjadi ketiak salah pilih makanan saat waktunya sahur dan kegiatan pun sudah pasti terganggu. Makanan pedas juga bisa menjadi unsur utama penyebab diare.

Ada baiknya anda selalu mencuci tangan dengan sabun demi menjaga kesehatan. Pilihlah makanan yang sehat dan berimbang supaya ibadah puasa anda lancar.

Mual

Mual juga termasuk penyakit yang kerap ditemui selama bulan puasa. Saat berbuka dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu untuk meredakan rasa mual.

Selain itu makanlah makanan-makanan yang baik untuk menjaga pencernaan anda supaya menjadi lebih lancar.

Add a Comment