Ini Penyebab Tubuh Demam Hanya Saat Malam Hari

Penyebab Demam Malam Hari

PrimaBerita – Semua orang tentu pernah mengalami yang penyakit musiman ini, yaitu demam. Namun terkadang tidak sedikit orang demam hanya saat malam hari saja kira-kira apa penyebabnya?.

Demam adalah salah satu gejala yang orang banyak ketika mereka akan terkena flu, atau ketika sistem kekebalan tubuh mulai terganggu. Demam juga bisa menjadi salah satu tanda adanya infeksi.

Beberapa orang mungkin pernah mengalami saat siang hari, seseorang merasa segar bugar namun tiba-tiba demam pada malam hari. Selain tidak sehat, demam pada malam hari juga seringkali mengganggu tidur sehingga seseorang merasa lelah pada pagi hari.

Berikut penyebab Tubuh Demam Hanya Saat Malam Hari

Pirogen dari Luar

Pirogen adalah produk bakteri yang bisa datang dari luar tubuh dan masuk ke dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan demam tinggi namun hanya saat malam hari saja. Pirogen bisa memproduksi racun yang berbahaya untuk kesehatan kamu.

Ketika masuk ke dalam tubuh, pirogen dari luar akan membuat tubuh memproduksi pirogen sendiri. Hal inilah yang menyebabkan kondisi demam pada tubuh. Kebanyakan demam yang hanya terjadi pada malam hari disebabkan oleh pirogen ini.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Pilek dan infeksi saluran pernapasan seringkali juga memiliki gejala seperti demam pada malam hari. Terkadang, demam pada malam hari penyebabnya adalah pilek biasa. Namun bisa jadi penyebab demam malam hari juga karena infeksi saluran pernapasan seperti laring, trakea, bronkitis, atau lainnya.

Cara untuk mengenali apakah itu hanya demam biasa atau adanya infeksi pada saluran pernapasan atas adalah dengan melihat seberapa lama demam yang anda rasakan.

Pilek biasa akan menyebabkan demam yang bertahan hanya beberapa hari, sementara infeksi lainnya bisa bertahan lebih lama bergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

Infeksi Saluran Kemih

Ketika adanya rasa sakit pada saluran kemih dan adanya racun yang bisa menyebabkan demam. Jika demam pada malam hari penyebabnya adalah infeksi saluran kemih, anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Demam karena infeksi saluran kemih tak bisa sembuh begitu saja, tetapi harus anda periksakan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Infeksi Kulit

Dalam banyak kasus, demam pada malam hari juga bisa karena infeksi kulit. Ada banyak infeksi yang bisa terjadi pada kulit dan bisa mengganggu kesehatan.

Infeksi pada kulit, misalkan dari luka dan lainnya juga biasanya menjadi penyebab demam kebanyakan orang. Jika anda mengalaminya, sebaiknya segera periksakan, agar infeksi segera anda obati dan tidak menjadi semakin parah.

Peradangan

Peradangan bisa terjadi sebagai reaksi alergi pada obat atau lainnya. Jika ini yang terjadi, anda biasanya akan mengalami demam hanya pada malam hari saja. Bisa jadi peradangan disebabkan oleh alergi biasa dan bukan obat.

Add a Comment