Resep Membuat Kue Donat Original

Bakeryenak – Bahan utama membuat kue donat adalah tepung terigu protein tinggi. Anda bisa menikmati sajian donat anda sendiri dengan mengikuti resep yang disajikan berikut ini.

Kue donat bahkan sudah menjadi tidak asing lagi kedengarannya bagi semua orang, terutama kaum anak-anak. Kalangan anak-anak yang paling suka donat.

Pasalnya kue dengan bolongan ditengahnya bisa dikreasikan dengan berbagai topping di atas permukaan kue. Misalnya anda bisa menaruh di atas kue donat taburan meses ataupun gula halus. Bisa juga mengoleskan selai maupun keju parut.
Selain empuk, gurih, serta harum, kue ini sangat cocok disajikan saat sedang bersantai bersama keluarga pada saat weekend.

Jika tertarik membuat kue donat orginal, sediakan bahan seperti:
a. Tepung terigu protein tinggi sebanyak 500 gram
b. Ragi instant (1 bungkus)
c. Gula pasir sebanyak 100 gram
d. Telur 2 butir (ambil kuningnya saja)
e. Baking powder (1/4 sdt)
f. Susu cair sebanyak 250 ml
g. Garam sedikit
h. 100 gram margarin

Bahan Olesan Donat/Topping:

Cokelat leleh dan keju parut

LANGKAH MEMBUAT

  • Campur tepung terigu, ragi, baking powder, serta gula pasir dan sedikit garam. Aduk menjadi sebuah adonan.
  • Tambahkan ke dalamnya kuning telur, uleni hingga merata dan permukaannya halus.
  • Secara perlahan sedikit demi sedikit tuanglah susu cair ke dalam adonan, jika sudah merata tambahkan juga margarin.
  • Uleni adonan dengan gerakan memutar hingga tercampur rata. Sesekali banting adonan di dalam wadah adonan (jangan terlalu keras).
  • Sesudah adonan kalis, buat seperti sebuah tumpukan untuk didiamkan selama satu jam. Tutuplah wadah dengan kain bersih.
  • Tinju-tinju adonan donat sehingga udara keluar, adonan menjadi kempes. Lalu cetaklah membentuk bulatan dengan bolongan di tengah. Sesuaikan ukuran dengan selera. Akan tetapi donat yang dicetak jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu tipis supaya memudahkan proses pematangan saat digoreng.
  • Jika adonan sudah habis, gorenglah donat ke dalam minyak panas. Sesekali balik-balik gorengan. Tunggu hingga matang dengan warna yang menguning.
  • Hiaslah topping cokelat leleh dan keju parut untuk ditaruh di atas permukaan donat.

Add a Comment