Belasa Juta Akun di Hack, Ganti Sandi Tokopedia Sekarang Juga

Ganti Sandi Tokopedia Sekarang Juga

PrimaBerita – Belasan juta akun Tokopedia telah dicuri, untuk itu ganti sandi akun Tokopedia anda sekarang juga. Peretasan telah terjadi, hal ini diungkap akun Twitter @underthebreach. Disebutkan peretasan terjadi Maret 2020, mempengaruhi 15 juta pengguna meskipun hacker mengatakan ada lebih banyak data yang dimiliki.

“Basis data berisi email, hash kata sandi, nama,” terang akun @underthebreach. Mengkhawatirkannya, seperti diinformasikan sang peretas, data kemungkinan besar tanpa informasi salt. Jadi mempermudah hacker untuk menebak password.

Karena itu akun @GilangHamidy yang membalas cuitan @underthebreach menyarankan pengguna untuk ganti sandi akun Tokopedia sekarang juga. Karena ditakutkan informasi yang diberikan benar-benar tidak mengandung salt.

Merespons itu, VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan pihaknya selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna. Pasalnya bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. “Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia,” tegas Nuraini.

Berkaitan dengan isu yang beredar, Tokopedia menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna. Namun mereka memastikan informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi.

“Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan,” ujar Nuraini.

Tokopedia disebutkan turut menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Karena itu mereka kerap mewanti-wanti pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun.

Add a Comment