Telapak Tangan Sering Gatal? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Telapak Tangan Sering Gatal

PrimaBerita – Sering mengalami rasa gatal di telapak tangan akan membuat aktivitas yang anda lakukan menjadi terganggu. Untuk itu ketahui penyebab rasa gatal pada telapak tangan. Hal ini akan berguna untuk pencegahan dan mengobatinya.

Berikut beberapa kondisi yang mungkin saja menjadi penyebab telapak tangan sering gatal :

1. Eksim

Eksim merupakan gangguan kulit yang bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk pada telapak tangan. Menurut laman National Eczema Association, kondisi ini terjadi pasa 10% orang di Amerika.

Penyakit tidak menular ini menyebabkan telapak tangan menjadi gatal, memerah, kering, dan pecah-pecah. Pada jenis eksim dishidrotik (dishidrosis), kulit di permukaan tangan yang gatal dapat melepuh.

Hal ini bisa terjadi jika seseorang terpapar bahan kimia dan air seperti montir, petugas kebersihan dan penata rambut. Jika mengalaminya segera hindari dengan menggunakan sarung tangan, menjaga kebersihan tangan, memakai pelembab dan krim anti gatal.

Baca juga : Bagi Penderita Diabetes, 4 Hal ini Wajib Dilakukan Saat Malam Hari

2. Alergi obat

Alergi obat dapat terjadi akibat tubuh sangat sensitif pada kandungan obat yang diminum. Alergi obat umumnya menimbulkan rasa gatal dan sensasi panas yang lebih tinggi di telapak tangan dan kaki, dibanding bagian tubuh lainnya.

Jika Anda mengalami kondisi ini, penggunaan obat harus segera dihentikan. Minta pada dokter untuk mengganti obat lain yang cocok untuk Anda.

3. Diabetes

Gatalnya kulit penderita diabetes bisa terjadi karena penyakit sudah menyebabkan komplikasi pada hati dan ginjal atau telah terjadi kerusakan saraf pada tangan (diabetik neuropati).

Jika anda mengalami kondisi ini, kunci utama untuk mengatasi telapak tangan gatal dan panas karena diabetes tentunya dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

4. Reaksi alergi

Reaksi alergi dari paparan bahan iritan jugs bisa menjadi penyebabnya. Reaksi gatal dan panas dapat muncul selama 2 hingga 4 hari setelah Anda terpapar. Dalam medis hal ini disebut dermatitis kontak.Untuk mencegahnya, segera hindari kontak dan oleskan obat untuk meredakan rasa gatal.

5. Sirosis Bilier Primer (PCB)

Sirosis bilier primer merupakan gangguan automimun yang memengaruhi saluran empedu. Cairan empedu yang seharusnya mengalir dari hati ke perut, menumpuk di hati dan menyebabkan jaringan parut.

Salah satu gejalanya adalah telapak tangan yang gatal disertai sensasi panas dan muncul bercak. Selain itu, orang dengan kondisi ini juga akan mengalami nyeri tulang, diare, mual, urin gelap, dan jaundice (berubahnya warna kulit, kuku, dan putih mata menjadi kuning).

Jika telah mengalami gejala tersebut sebaiknya konsultasikan dengan dokternya.

6. Sindrom carpal tunnel

Selain nyeri tidak tertahankan, sindrom carpal tunnel juga bisa menimbulkan rasa gatal dan panas pada telapak tangan. Gejala ini biasanya lebih sering terjadi di malam hari.

Saraf jari yang bermasalah juga akan terasa lemah dan mati rasa sewaktu-waktu. Untuk mencegah munculya gejala, Anda harus menghindari aktivitas yang menyebabkan tangan melakukan gerakan secara berulang terus-menerus.

Add a Comment