Pabrik yang Tetap Beroperasi Wajib Menerapkan Protokol Kesehatan Ini

Pabrik Beroperasi Wajib Menerapkan Protokol Kesehatan

PrimaBerita – Kementrian Perindustrian memberikan protokol kesehatan bagi pabrik yang tetap beroperasi dan wajib menerapkan agar mencegah pandemi virus corona. Seperti yang diketahui ada pabrik-pabrik yang harus tetap beroperasi ditengah wabah virus corona maka untuk meminimalisir penyebaran virus corona tersebut pemerintah mengeluarkan protokol kesehatan dalam bentuk surat edaran.

Surat edaran tersebut juga sudah diberikan kepada pelaku usaha di bawah Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Asosiasi Industri serta Pimpinan Perusahaan Industri atau Perusahaan Kawasan Industri.

Dikutip dari SE Menperin no 4 tahun 2020, Selasa (7/4/2020). Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Operasional Pabrik dalam Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019.

Pabrik yang tetap beroperasi wajib menerapkan protokol kesehatan berikut ini :

1.Wajib Menyiapkan Fasilitas Screening awal

Sebelum memasuki area pabrik maupun pergantian shift, seluruh pekerja di screening terlebih dahulu yaiut dengan memeriksa suhu tubuh pekerja.

2. Melarang pekerja yang sedang sakit

Perusahaan diminta untuk melarang para pekerja yang sedang sakit untuk memasuki pabrik dan melakukan pekerjaan. Bila ada yang sakit, perusahaan harus merekomendasikannya ke unit pelayanan kesehatan agar diperiksa.

3. Menyediakan Alat Pencuci tangan

Perusahaan diminta untuk menyediakan alat pencuci tangan baik itu menggunakan air mengalir ataupun dengan hand sanitizer. Stok dari sabun atau hand sanitizer harap dijaga.

4. Penyemprotan Disinfektan ke area Pabrik

Perusahaan diminta untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara intensif ke area pabrik. Khususnya tempat-tempat umum yang sering digunakan banyak orang, seperti tempat ibadah, kantin, kamar mandi, dan lain sebagainya.

5. Menyiapkan panduan Kerja 

Perusahaan juga diminta untuk menyiapkan panduan kerja di tengah wabah corona kepada pekerja, seperti mencuci tangan sebelum menyentuh sesuatu atau menjaga jarak satu meter dengan pekerja lainnya. Perusahaan juga harus menyiapkan makanan bergizi hingga suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh pekerja.

Add a Comment