Melihat Avanza Buatan Indonesia Yang Dijadikan Taksi di Ethiopia

Toyota avanza buatan Indonesia

PrimaBerita – Mobil sejuta umat berjenis avanza buatan Indonesia rupanya tak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja. Akan tetapi diekspor juga ke luar negeri, salah satunya Ethiopia.

Low MPV berlabel “Made in Indonesia” ini bahkan diekspor utuh juga ke berbagai negara lainnya. Pun demikian, avanza kini menyosor ke sektor fleet.

Sebuah postingan sosial media yang diunggah oleh sebuah akun instagram @toyotaavanzaintheworld. Toyota avanza generasi facelift pertama telah digunakan sebagai armada taksi di negara Ethiopia.

Tampak di dalam foto, sederet taksi berwarna kuning diunggah dengan menuliskan Ethiopia dengan emoji bendera negaranya. Salah satu tagar bertuliskan # toyotaavanzaintheworld.

Lalu sebenarnya mobil avanza buatan Indonesia laku dinegara mana saja?

Tahun 2018 lalu beberapa negara tetangga masih mempunyai selera yang sama dengan warga Indonesia. Negara-negara tersebut antara lain: Vietnam, Singapura, Brunei, Myanmar, Thailand, Laos, dan Malaysia.

Dan bukan hanya itu saja. Negara-negara di luar ASEAN juga mengimpor kendaraan roda empat toyota avanza dari Indonesia.

Dicatatkan negara tersebut ada Afrika Selatan, Afrika Barat, Madagascar, Arab Saudi, Peru, Lebanon, Qatar, Srilanka, Yaman, Guatemala, Honduras, dan sederet negara lainnya.

Dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, ekspor mobil selama tahun 2019 mencapai 330 ribu lebih unit yang diekspor. Termasuk dengan mobil yang diproduksi bentuk utuh (CBU).

Baca Pula: Tujuh Mobil Parkir Bertahun-tahun di Bandara Capai Harga Rp893 Juta

Belakangan dalam perhitungan januari hingga bulan maret 2020 ada sebanyak 7.493 unit mobil dikapalkan dari Indonesia ke luar negeri.

Diberitahukan memang jumlah negara tujuan berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi sejumlah negara seperti Filipina dan Meksiko menjadi negara yang paling banyak peminatnya.

Add a Comment