Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Vespa Tua Agar Tetap Prima

merawat vespa tua

PrimaBerita – Dalam merawat vespa tua haruslah memperhatikan beberapa hal agar kondisinya masih bisa tetap prima. Pasalnya di tengah tren moge saat ini, sepeda motor lawas masih memiliki ruang di hati penggemarnya. Mungkin bisa jadi karena desainnya yang tak lekang oleh waktu. Bahkan motor vespa ini sangat ikonik apalagi jika vespa tersebut merupakan vespa modifikasi.

Nah bagi anda yang masih memiliki sepeda motor jenis vespa, berikut ini hal yang bisa anda perhatikan untuk perawatan vespa.

Cek Kondisi Aki

Mengecek kondisi aki merupakan salah satu hal penting yang patut anda perhatikan. Anda juga harus lebih sering membersihkan kerak pada aki. Gunakan sikat dan air panas saat membersihkan. Namun bila anda berniat untuk meninggalkan vespa karena ingin pergi dalam waktu lama, ada baiknya bak aki anda lepas saja. Lalu simpan bak aki tersebut ke tempat yang terhindari dari sinar matahari.

Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi adalah hal yang disarankan. Pasalnya bahan bakar beroktan rendah dapat membuat proses pembakaran kurang maksimal sehingga kinerjanya pun terganggu. Maka untuk hal ini anda bisa memilih bahan bakar dengan RON 90 ke atas.

Bersihkan Selalu Karburator

Bagian yang juga penting untuk anda perhatikan saat merawat vespa tua yaitu selalu membersihkan karburator. Sebab karburator yang kotor dan tersumbat dapat menyebabkan akselerasi menjadi tidak sempurna. Selain itu sepeda motor juga bisa mogok akibat pembakaran bahan bakar yang kurang baik.

Perhatikan Kondisi Busi

Busi merupakan salah satu komponen penting terhadap suatu sepeda motor. Busi juga bisa menjadi sumber masalah. Oleh karena itu jika busi sudah menimbulkan kerak maka langsung saja bersihkan menggunakan amplas serta sedikit bensin.

Lihat Kondisi Kabel-kabel

Setelah memperhatikan kondisi aki, karburator, maupun busi ada baiknya perhatikan juga kondisi kabel-kabel pada vespa anda. Misalnya kabel persneling. Ini cukup sering menjadi sebuah masalah. Jadi pastikan saja kabel jangan sampai kendur. Karena nantinya hanya menyulitkan anda untuk berpindah gigi.

Add a Comment