Tinggal Menghitung Hari, Ini Menu Khas Lebaran yang Biasa Terhidang

menu khas lebaran

PrimaBeritaLebaran sudah di depan mata, apakah anda sudah memikirkan menu khas lebaran apa saja yang nantinya akan anda sediakan? Sebab keakraban dan kehangatan antar keluarga rasanya masih kurang lengkap bila belum menyantap hidangan wajib saat lebaran.

Menu-menu khas lebaran bisa berupa camilan hingga makanan berat. Lantas apa saja menu yang biasa tersaji saat lebaran?

  1. Ketupat

Ketupat biasanya menjadi makanan buruan orang banyak saat lebaran. Sebenarnya ketupat adalah nasi masak yang terbungkus dengan pelepah atau daun palma. Makanan ini bisa kita makan begitu saja. Tetapi lebih nikmat lagi bila mencampurkannya dengan kuah lontong atau sayur.

  1. Opor Ayam

Opor juga menjadi menu khas lebaran. Bahkan opor kerap menjadi teman sejatinya ketupat. Begitupun opor ayam juga sering menjadi menu sehari-hari keluarga.

Opor ayam adalah makanan berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah pilihan, seperti kencur, kunyit, serai, dll. Selain rasanya yang sedap, aroma opor juga begitu menggoda.

  1. Rendang

Masakan yang berasal dari Padang ini pun sering masuk ke daftar makanan khas lebaran berbagai wilayah. Rendang biasanya terbuat dari daging sapi/kerbau dan campuran berbagai macam rempah. Sehingga cita rasanya selalu melekat dalam ingatan.

  1. Kurma

Buah kurma juga sering tersaji saat idul fitri. Anda dapat membeli buah kurma dari pasar, baik pasar tradisional maupun dari pasar modern. Orang Indonesia biasa mengonsumsinya secara langsung tanpa tambahan lain. Biar begitu anda juga bisa mengolaborasikan kurma dengan panganan lain untuk menambah cita rasa.

  1. Kue Nastar

Camilan yang satu ini sangat sering menjadi incaran banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, kue nastar tetap memiliki penggemar beratnya. Adapun kue nastar sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, telur ayam, gula pasir, vainili, dll. Sebagai isian kue nastar terdapat selai nanas yang menyegarkan.

  1. Kacang-kacangan

Biasanya kacang-kacangan tersaji sebagai camilan. Mulai dari kacang tanah goreng, kacang ercis, kacang mede, kacang intip, dan lain sebagainya. Semakin menggoda siapapun saat tersimpan dalam toples kaca transparan.

Add a Comment