Nikmatnya Ikan Buntal Saat Disantap, Mahal Tapi Beracun

ikan buntal mahal tapi beracun

PrimaBerita – Ikan buntal atau ikan fugu adalah jenis ikan unik yang memiliki harga mahal (fantastis) tapi sebenarnya beracun.

Tak main-main, harganya selangit. Dalam satu porsi sajian ikan fugu, bisa mencapai USD 120 atau setara 1,7 juta jika dikonversikan dalam mata uang Indonesia. Per kilo mentahnya seharga USD 265 atau setara dengan Rp 3.700.000,- Padahal ternyata hewan bertulang belakang ini bisa mematikan juga.

Lihat Juga : ADA Makanan Untuk Mencegah Kanker, Super Sekali!

Rasa ikan buntal enak dan khas, teksturnya juga unik. Ikan ini akan mengembang bila disentuh. Ciri lainnya ikan ini bergerak sangat lamban. Pada negara Jepang, ikan fugu (ikan buntal) diolah sebagai hidangan lezat bernama sashimi dan hirazake (sake panas).

Jadi jika ikan buntal atau ikan fugu bisa menyebabkan kematian, mengapa masih layak dikonsumsi? Berikut fakta dan penjelasannya.

Ikan buntal mahal tapi beracun. Bukan tidak bisa dihidangkan sebagai makanan spesial tetapi ikan buntal mengandung racun neuro toksin bernama tetro dotoksin yang bisa merusak kinerja sel saraf. Prosesnya pun bisa berlangsung dengan sangat cepat.

Gejala yang ditimbulkan:

  1. Mula-mula akan terasa seperti mati rasa di area mulut
  2. Setelah itu badan terasa kaku dan akhirnya lumpuh
  3. Kondisi akan parah, perlahan meninggal

Bagi negara Jepang, para koki yang mengolah ikan buntal haruslah memiliki sertifikat khusus atau sudah mendapat lisensi mengolah ikan buntal. Harus memiliki teknik khusus, tidak bisa sembarangan.

Lihat Juga : Efek Meminum Kopi Secara Berlebihan, Bukan Hanya Susah Tidur! Klik!!!

Jadi jika anda salah dalam mengolah ikan mahal yang satu ini, akibatnya bisa fatal. Untuk itu, perlu kehati-hatian khusus karena banyak ibu rumah tangga yang tidak berani dalam mengolah ikan buntal.

Untuk diketahui, racun tersebut tersembunyi di bagian ovarium ikan. Mengutip dari laman BBC, usus dan hati ikan fugu juga berpotensi untuk kematian. 200 kali lebih berbahaya dari racun sianida. Tidak heran bahwa ikan ini disebut sebagai ikan yang paling beracun di dunia.

Add a Comment