Each For Equal, Tema Hari Perempuan Internasional Tahun 2020

Rayakan Hari Perempuan Internasional Tahun 2020 dengan Tema Each For Equal

Primaberita- Pada hari Minggu ini, 8 Maret 2020 adalah Hari Perempuan Internasional yang dikenal dengan International Women’s Day (IWD).

Beberapa aktivis perempuan dan komunitas peduli perempuan di dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Berdasarkan dari situs Internasional Women’s Day, tahun 2020 ini mengangkat tema kampanye sebagai isu Hari Perempuan Internasioan tahun 2020 adalah Each for Equal.

Dari situs resmi Hari Perempuan Internasional menjelaskan alasan mengapa memilih tema kampanye tersebut.

“Dunia yang setara adalah dunia yang memungkinkan untuk melakukan apapun. Kesetaraan bukan hanya isu wanita tetapi juga isu bisnis. Kesetaraan gender sangat penting untuk perkembangan ekonomi dan masyarakat. Dunia yang setara secara gender bisa jadi lebih sehat, kaya dan harmonis.”

Selanjutnya, Gloria Steinem, seorang feminis, jurnalis, dan aktivis terkenal di dunia, pernah menjelaskan,”Kisah perjuangan perempuan untuk kesetaraan bukan milik seorang feminis pun atau organisasi mana pun, melainkan pada upaya kolektif semua orang yang peduli tentang hak asasi manusia,” katanya.

Merayakan Hari Perempuan Internasional dilakukan dengan cara yag berbeda setiap negara di dunia. Misalnya, negara Afganistan, Belarus, Kuba, Turkmenistan, Uganda, Ukraina, dan Vietnam menjadikan perayaan Hari Perempuan Internasional menjadi hari libur nasional.

Kemudian, di Tiongkok juga melakukan hal yang sama seperti negara yang di atas tersebut. Bedanya, hari libur itu hanya diperuntunkan untuk perempuan setiap tanggal 8 Maret.

Selanjutnya, kita juga ikut merayakan perayaan setiap tahun yang diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1977 ini. Cara yang bis akita lakukakan adalah mengkuti aksi kampanye digital IWD 2020 yang bertema #EachforEqual di media sosial  dengan meletakaan kedua tangan di depan dada dan berposes sama dengan.

Setelah kita melakukan pose tersebut, dilanjutkan dengan memposting foto dengaan pose “hands out” disertai pesan yang ingin disampaikan. Sertakan pula hashtag #IWD2020.  Jangan lupa juga ajak teman-teman atau kolega anda untuk mendukung aksi #EachforEqua.

Add a Comment