Badan Mengeluarkan Bau yang Tak Sedap! Ini Pertanda….

PrimaBerita – Kondisi kesehatan di dalam tubuh dapat membuat badan mengeluarkan bau yang tak sedap. Bau yang kuat ini umumnya muncul secara terus menerus dan tak dapat dihilangkan dengan mandi atau pun memakai wewangian.

Bau badan menandakan kondisi kesehatan. Berikut Bau badan yang tak sedap

Bau ikan

Tubuh dapat menghasilkan bau ikan yang amis saat bernapas, berkeringat, dan pipis. Bau ikan ini umumnya muncul setelah mengonsumsi telur, ikan, dan sayuran. Bau ikan ini berkaitan erat dengan gangguan trimethylaminuria. Gangguan metabolik langka ini merupakan kondisi yang terjadi saat tubuh tak bisa mengubah protein di dalam tubuh.

Bau keringat

Bukan bau keringat setelah berpanas-panasan atau berolahraga. Bau keringat ini dapat muncul bahkan saat tubuh sedang tidak berkeringat. Kondisi lain juga bisa terjadi saat suhu udara normal dan tidak melakukan aktivitas, tapi tubuh mengeluarkan banyak keringat yang berbau.

Kondisi ini dihubungkan dengan hyperhidrosis atau kondisi abnormal yang membuat tubuh terus menerus berkeringat. Hyperhidrosis biasanya terjadi pada tangan, kaki, ketiak, dan wajah.

Bau tinja

Konstipasi yang ekstrem dapat membuat tubuh mengeluarkan bau tinja atau kotoran. Keringat yang keluar dapat berbau seperti tinja. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik sehingga membuat keringat berbau seperti feses.

Bau pahit

Bau pahit tajam yang dikeluarkan tubuh dapat menjadi sinyal masalah pada liver atau hati. Liver merupakan salah satu organ yang bertugas menetralisir racun. Gangguan pada liver berarti organ ini tidak dapat membersihkan racun dan artinya tubuh dalam bahaya.

Bau telur busuk

Badan juga dapat mengeluarkan bau telur busuk. Bau ini biasanya muncul karena terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Saat tubuh tak bisa mencerna daging merah, maka tubuh mulai memproduksi asam amino yang mengandung sulfur. Asam amino inilah yang menyebabkan tubuh berbau telur busuk.

Bau samar

Bau samar biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut usia. Bau ini sering kali tak bisa dihilangkan karena usia tak bisa dibohongi. Perubahan bau saat beranjak tua merupakan sesuatu yang normal.

Add a Comment