6 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Awanbabyclothing – Masalah pencernaan pada bayi merupakan hal yang sering dialami bayi pada umumnya. Salah satunya perut kembung. Meskipun termasuk permasalahan ringan, perut kembung pada bayi harus diatasi karena bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda penyakit serius.

Jika perut bayi kembung, gejala yang ditimbulkan biasanya bersendawa dan kentut 10 kali dalam sehari. Biasanya perut kembung terjadi karena bebrapa fakttor seperti menelan udara karena kesalahan posisi menyusui, menangis berlebihan, organ tubuh bayi belajar mencerna,saluran pencernaan belum matang dan makanan padat yang baru.

Baca juga : Tanda-Tanda Bayi Mengalami Alergi Susu Sapi

Berikut 6 Cara Mengatasi Perut kembung pada bayi

1. Perhatikan Makanan yang dikonsumsi Ibu

Makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol, dan brokoli menjadi dapat memicu penumpukan gas pada perut bayi. Apabila makanan merupakan pemicunya, sebaiknya ibu hanya mengonsumsi makanan tersebut sesekali saja.

2. Pastikan susu formula teraduk dengan baik

Jika Ibu menggunakan susu formula untuk bayi, pastikan adukan susu segar tercampur dengan baik. Pasalnya, semakin banyak campurannya dikocok, udara dan gelembung di dalamnya juga bertambah. Jika ini ditelan oleh si kecil, perutnya bisa mudah kembung.

Baca juga : 5 Gangguan Kesehatan Penyebab Bayi Susah Tidur

3. Perbaiki posisi memberikan susu dan ganti botol susu

Beberapa botol susu dirancang khusus untuk mengurangi jumlah udara yang masuk saat ke perut si kecil saat minum susu. Selain itu, ibu perlu memegang kepala si kecil lebih tinggi dari tubuhnya dan berada di posisi sekitar 45 derajat saat menuangkan susu ke mulut buah hatinya.

4. Sesuaikan jenis dot dengan Usia bayi

Dot memiliki beberapa jenis ukuran berbeda yang dapat mengontrol arus susu formula. Jadi, dot untuk si kecil yang baru lahir memiliki arus yang lambat. Sementara untuk si kecil yang sudah lebih besar arusnya jauh lebih cepat.

5. Posisikan si kecil untuk mengeluarkan gas dari perutnya dengan benar

Posisikan si kecil tegak selama 20 sampai 30 menit setelah ia makan. Jika perut si kecil masih kembung, bersendawa dapat membantu mengeluarkan gas, yang muncul karena si kecil menelan terlalu banyak udara. Terdapat tiga jenis cara yang bisa dilakukan oleh para ibu.

Pertama, posisikan si kecil berlawanan dengan dada Ibu (tubuh si kecil menghadap ke tubuh Ibu), letakkan kepalanya di bahu Ibu. Lalu tepuk dan usap punggung si kecil.

Baca juga : Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi

Kedua, letakkan si kecil di pangkuan Ibu dan topang dada serta kepala si kecil pada satu tangan. Lalu, tepuk punggung si kecil dengan lembut memakai tangan yang lain. Pastikan Ibu menahan bagian dagu si kecil, bukan lehernya.

Ketiga, tidurkan si kecil di pangkuan Ibu, dengan perut mengarah ke bawah. Topang kepala si kecil dan pastikan lebih tinggi dari dadanya. Perlahan usap dan tepuk punggungnya dengan lembut.

6. Gunakan handuk hangat

Jika tidak bisa menyendawakan si kecil dengan satu posisi, maka coba cara yang lain. Meletakkan handuk yang sudah direndam dengan air hangat hangat di perut si kecil juga dapat mengurangi kembung pad perut bayi. Agar tidak rewel atau menangis, ajak si kecil berjalan-jalan sebentar atau ayunkan badannya dengan lembut.

Add a Comment