Tips Membakar Seafood Agar Hasilnya Nikmat dan Gurih

PrimaBeritaSeafood atau jenis makanan  laut juga bisa dinikmati pada saat pesta bakaran. Membakar seafood harus memperhatikan beberapa tips yang akan kita ulas berikut.

Dalam merayakan sebuah moment, baik itu pesta hari lahir, hari jadi pernikahan dan perayaan lainnya sangat cocok untuk menikmati seafood bakar. Agar seafood yang dihasilkan terasa nikmat dan gurih anda perlu memperhatikan tips-tips berikut.

Tips membakar seafood Agar Hasilnya Nikmat dan Gurih

1. Siapkan tempat dan alat

Biasanya acara bakar seafood dilakukan dengan membakar di atas api langsung. Persiapannya mudah dan murah daripada jika harus menyediakan alat panggang ala barbecue. Pastikan api sedang hingga tinggi karena jika terlalu rendah atau dingin, ikan akan menempel.

Siapkan pula penjepit ikan yang bersih juga minyak untuk mengoles penjepit. Bila tidak menggunakan penjepit ikan, siapkan spatula berbilah tipis dan lebar agar mudah membalik ikan.

Baca juga : Resep Jamur Crispy Renyah dan Sehat Untuk Cemilan Anak

2. Pilih ikan yang tepat

Aktivitas memanggang di atas api langsung memang akan mendapatkan hasil dengan citarasa ‘smookey’. Untuk teknik memasak seperti ini, jenis ikan yang cocok adalah yang memiliki karakter agak keras, berdaging cukup tebal dan tidak mudah rapuh.

Beberapa jenis ikan yang pas untuk bakar langsung antara lain, salmon, nila, tuna, kakap, ,kuwe atau lemadang (mahi-mahi).

3. Alternatif seafood

Ikan adalah makanan laut yang sangat umum dibakar. Namun ini tidak menutup kemungkinan untuk jenis makanan laut lain seperti udang, lobster, cumi-cumi, gurita, tiram atau kerang.

Untuk jenis seafood berukuran kecil, sebaiknya manfaatkan tusuk bambu. Selang-seling udang besar atau cumi dengan sayur semisal irisan paprika atau bawang bombai.

4. Pertahankan kulit ikan

Ikan cenderung lebih rapuh daripada daging sapi. Selalu ada kemungkinan ikan bakal hancur saat dibakar di atas api langsung. Untuk mencegah hal ini, pertahankan kulit ikan saat proses membersihkan ikan.

Tak perlu khawatir si kulit bakal merusak rasa atau aktivitas makan Anda. Dalam kasus tertentu, kulit justru menambah citarasa semisal pada ikan makarel. Kulit makarel setelah dibakar bakal renyah dan membuat ikan makin nikmat. Sedang pada salmon, kulitnya bisa dengan mudah dilepas setelah dibakar.

Baca juga : Resep Perkedel Udang, Cocok Untuk Bekal Sekolah Anak

5. Marinasi

Sebelum proses pembakaran, sebaiknya semua seafood termasuk ikan direndam dalam racikan bumbu atau dimarinasi. Untuk hasil terbaik, marinasi seafood dua jam sebelum dibakar agar bumbu meresap sempurna.

Demi hasil sempurna, sebaiknya minimalisir penggunaan gula saat marinasi. Saat proses pembakaran, gula akan berubah menjadi karamel dan membuat ikan menempel pada penjepit atau tatakan.

Add a Comment