Pemeran “ Perempuan Tanah Jahanam” Mengalami Pelecehan

PrimaBerita – Musisi sekaligus aktris asal Jakarta, Mian Tiara mengklaim dirinya mengalami pelecehan seksual. Pelecehan seksual tersebut menurutnya dilakukan oleh seorang aktor Senior Indonesia

Tiara yang juga merupakan personel band jazz Simak Dialog mengungkapkan pengalaman itu lewat sebuah utasan Twitter yang diunggah pada Kamis (23/1) malam.

Ia membuka kisah dengan menyatakan tak dapat menahan dorongan untuk membicarakan pelecehan itu secara terbuka. Ia menyadari, pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja, bahkan di tempat-tempat yang dirasa aman.

Aktris yang berperan dalam film besutan Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam tersebut menuturkan, di hari itu ia memenuhi janji membantu seorang teman membuat film pendek untuk tugas akhir. Proses pra produksi sudah selesai, tim akan segera syuting dengan mengambil lokasi sebuah gedung pertunjukan.

Di ruang rias, Tiara berkenalan dengan seorang aktor yang ia sebut senior, yang terlibat juga dalam film itu. Si aktor sempat meminta Tiara duduk di sebelahnya untuk berlatih dialog.

“Singkat cerita, kami membahas dialog dan setelah adegan di panggung selesai, saya pindah ke belakang panggung. Tak lama, saya masuk ke ruang rias untuk mengecek HP saya. Aktor senior tersebut juga ada di sana menunggu kopinya,” kata Tiara dalam cuitannya.

“Kami melanjutkan obrolan kami. Pada saat itu hanya kami berdua di ruang rias. Saya duduk di sebelahnya dan mendengarkan ceritanya. Tiba-tiba dia menghadapkan kursinya ke saya dan mengelus paha saya begitu saja. Saya kaget tapi enggak bisa bereaksi apa-apa,”.

Saat itulah pertama kalinya Tiara mengalami pelecehan seksual. Tiara mengatakan, ia yang syok mendapat perlakuan itu segera berusaha menjauh dari si aktor. Usai syuting, sutradara dan seluruh pemain berfoto bersama. Saat itu, kembali Tiara mengalami perlakuan tak menyenangkan.

“Saya berusaha menjaga jarak dari si aktor senior. Tapi karena posenya berpindah-pindah tempat, akhirnya dia berdiri di sebelah saya. Si aktor senior memasukkan jarinya ke pinggir celana jins saya dan memegang erat sambil menggantungkan tangannya ke celana saya,” tulis Tiara.

“Saya merasa jijik, marah, terlanggar atas perbuatannya,”

Ia menambahkan, “Saya berusaha melepaskan pegangan tangannya di celana saya dan membuat gerakan melompat ke depan, tapi dia enggak melepaskan tangannya, malah menarik saya ke belakang.”
Tiara menjelaskan dirinya sudah menyampaikan kejadian tersebut ke pihak manajemen si aktor, tetapi tidak mendapatkan tanggapan seperti yang diharapkan, tidak pula permintaan maaf.

Menurut Tiara, dirinya harus bicara tentang pelecehan itu agar publik sadar hal serupa tak dapat dimaklumi dan dibiarkan.

“Mungkin enggak akan pernah selesai. Tapi kita bisa mengubah pemikiran atas normalisasi bentuk-bentuk pelecehan atau kekerasan seksual,” tulisnya.  Untuk inisial si aktor maupun proyek yang melibatkan dirinya Tiara menolak menyebutnya.

Add a Comment