Jokowi Membela Prabowo dari kritikan PKS Karena Hal INI

PrimaBeritaJokowi membela Prabowo Subianto yang mendapat kritik dari PKS lantaran kerap melakukan lawatan ke sejumlah negara. Jokowi menyebut kunjungan Prabowo ke luar negeri itu merupakan bagian dari diplomasi pertahanan.

“Jadi kalau ada yang mempertanyakan, Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita, bukan untuk lain-lain,” kata Jokowi

Diplomasi Pertahanan

Jokowi Membela Prabowo. Menurutnya, dalam kunjungan ke sejumlah negara itu, Prabowo juga sekaligus melihat alat utama sistem pertahanan (Alutsista) yang akan dibeli oleh pemerintah. Ia mengaku kerap berdiskusi dengan Prabowo terkait dengan alutsista yang akan dibeli.

“Bagus atau tidak bagus, bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semuanya dicek. Itu sudah kami diskusikan dengan Pak Menhan, tidak sekali dua kali, Banyak yang enggak tahu,” ujarnya

Tantangan

Jokowi lantas mengingatkan tantangan ke depan semakin berat. Salah satunya adalah semakin luasnya spektrum konflik di berbagai belahan dunia. Ia pun meminta jajarannya untuk memperkuat diplomasi pertahanan.

“Kita harus memperkuat diplomasi pertahanan untuk meredam ketegangan antar negara dan siap menggelar kekuatan bersenjata untuk melakukan penegakan terukur di wilayah kita,” tuturnya.

Kunjungan luar negeri

Sejak dilantik pada 23 Oktober 2019, Prabowo telah melawat ke sejumlah negara, antara lain Malaysia, Thailand, Turki, China, Filipina, dan Jepang. Prabowo juga telah melakukan kunjungan ke Prancis dan Jerman.

Mardani mengingatkan Prabowo bahwa Presiden Jokowi pernah meminta agar pejabat negara meminimalkan jumlah kunjungan ke luar negeri. Menurutnya permintaan tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2019.

“Jokowi saat 16 Agustus 2019 lalu sudah mengingatkan agar meminimalkan kunjungan ke luar negeri,” kata Mardani lewat pesan singkat, Jumat (15/1).

Sementara Prabowo sendiri mengaku dirinya memang perlu berkunjung dari satu negara ke negara lain sejak menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Menurut Prabowo, rangkaian kunjungan kerjanya bertujuan untuk mempelajari alutsista sekaligus meminta dukungan dan kerja sama dengan sejumlah negara.

“Memang kita butuh untuk keliling, menjajaki kemungkinan-kemungkinan,” kata Prabowo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/1).

Add a Comment