PrimaBerita– Edy Rahmayadi, Gubenur Sumatera Utara (Gubsu) akan periksa kesehatan setelah sebelumnya sempat ikut rapat bersama Menhub Budi Karya Sumadi yang positif terinfeksi virus corona.

“Hari ini, setelah konferensi pers ini saya akan periksa kesehatan untuk memeriksa apakah saya terkena virus Corona atau tidak,” ujar Edy Rahmayadi, pada konferensi pers di kantor Pemprovsu, Senin (16/3/2020).

Menurut Edy Rahmayadi, ada tiga syarat yang seseorang dikatakan terinfeksi virus corona. Pertama, ada hubungan kontak fisik dengan orang yang dinyatakan positif terpapar virus Corona. Kedua, bepergian ke daerah yang sudah terinfeksi virus corona. Ketiga, mengalami gejala-gejala virus corona, sepeti batuk, sesak napas, hingga mengalami kesulitan bernapas.

Baca Juga: Menhub RI Terkena Virus Covid-19 dan Jalani Perawatan di RSPAD Gatot Subroto

“Saya hanya yang pertama saja, untuk yang lainnya tidak ada,” tegas Gubsu.

Edy Rahmayadi juga berharap setelah pemeriksaan dilakukan, dapat dinyatakan tidak terinfeksi virus Corona yang tengah mewabah di Indonesia saat ini.

“Mudah- mudahan saya aman, tidak terinfeksi virus ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi sempat ikut rapat bersama Budi pada (11/3/2020) di Istana, mengatakan dirinya berbeda sesi rapat dengan Menhub.

Baca Juga: Pasca Ratas, Plt Walikota Periksa Diri di RSUD Dr. Pirngadi Medan

“Kami memang diruang rapat yang sama, tapi beliau di sesi yang pertama sedangkan saya di sesi rapat yang kedua,” ujar Edy setelah membuka kegiatan MTQ Yayasan Haji Anif di Deli Serdang, Minggu (15/3/2020).

Berdasarkan informasi, Edy ikut rapat terbatas yang juga dihadiri oleh Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution. Mereka duduk secara berdampingan saat ratas yang membahas tentang percepatan penyelesaian permasalahan pertahanan di Sumut itu.