Jarang Diketahui Banyak Orang, 7 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

PrimaBerita – Buah nangka merupakan buah tropis yang populer karena mudah ditemukan, buah nangka memiliki manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui banyak orang.

Manfaat buah nangka ternyata menarik banyak orang untuk memasukkannya ke menu makanan sehat mereka. Pohon nangka tahan kekeringan dan hama.

Pohon nangka dapat berbuah hampir sepanjang tahun. Satu pohon dapat menghasilkan hingga 200 buah per tahun. Sehingga manfaat buah nangka ini mudah didapat.

Baca juga  : Kadar Kolesterol Hilang diNetralisir Buah Ajaib Ini. Gampang Dicari

Berikut Manfaat dari Buah Nangka bagi kesehatan yang jarang diketahui

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah nangka memiliki kandungan kalium yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah Anda, dengan begitu buah nangka dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

2. Mencegah Anemia

Kehebatan lain dari buah nangka adalah dapat mencegah anemia. Manfaat yang diberikan nangka bagi tubuh ini bisa terjadi karena dalam nangka terkandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, buah nangka juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kesehatan bagi tubuh yang lain dari buah nangka yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu buah ini sangat aman dikonsumsi anak-anak. Magnesium yang sangat kaya terkandung dalam buah nangka, dapat membuat tulang menjadi kuat. Sehingga buah nangka dapat menyangkal gangguan yang bisa terjadi pada tulang seperti osteoporosis.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan mengonsumsi buah nangka, maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. Salah satu manfaat yang dapat Anda dapatkan yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun.

Buah nangka mengandung nutrisi antioksidan, sehingga membuat sistem imun atau kekebalan tubuh Anda semakin kuat. Karena buah nangka ini mengandung antioksidan, dengan mengonsumsinya Anda akan terlindungi dari infeksi virus maupun bakteri.

5.  Melawan Kanker

Nangka mengandung zat yang disebut phytochemical, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Menurut American Institute for Cancer Research, banyak phytochemical memiliki sifat antioksidan, yang berarti mereka dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel. Kerusakan ini, yang dikenal sebagai stres oksidatif, dapat berperan dalam pengembangan beberapa penyakit kronis, termasuk kanker.

Karena kekayaannya dengan sifat anti-oksidan dan fitonutrien, ditambah kandungan Vitamin C-nya, nangka dapat menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit dan kanker prostat.

6. Menyembuhkan Luka

Manfaat buah nangka adalah sumber vitamin C yang baik, dan merupakan antioksidan kuat yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, seperti pembuluh darah dan tulang rawan.

Kolagen juga penting untuk penyembuhan luka. Menurut review 2014, nangka mengandung zat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur yang juga dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka.

Baca juga : 7 Makanan Ini Bisa Turunkan Gula Darah dalam Tubuh

7. Meningkatkan penglihatan

Nangka juga kaya akan vitamin A (Beta-Karoten). Nangka memberikan nutrisi yang sehat untuk mata. Kandungan dalam nangka melindungi mata dari infeksi bakteri dan virus dan juga membebaskan mereka dari radikal bebas yang mungkin berbahaya.

Manfaat buah nangka juga menyelamatkan mata dari gelombang cahaya yang intens dan berbahaya seperti sinar ultraviolet. Konsumsi nangka sangat efektif dalam mencegah degenerasi retina dan mengurangi risiko katarak.

 

Add a Comment