Jangan Remehkan Tanda-tanda Kelebihan Gula Darah, Jarang disadari

PrimaBerita – Kondisi kelebihan gula darah atau gula darah tinggi tidak bisa anda remehkan. Sebaiknya kenali tanda-tanda kelebihan gula darah karena hal ini merupakan penyebab utama dari penyakit Diabetes.

Melansir dari Medicinet, Ukuran kadar gula darah normalnya itu sekitar 70-100 mg/dL sebelum makan. Sedangkan setelah makan seharusnya kurang dari 180mg/dL. Kadar gula darah pengidap diabetes sering meroket ini sering dialami. Penyebabnya bisa karena lupa atau tidak mengonsumsi obat penurun glukosa atau menyuntikkan insulin.

Baca juga Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Kesehatan, Menurunkan Diabetes

Berikut tanda-tanda kelebihan gula darah yang mungkin tidak anda sadari

1. Kelaparan

Kadar glukosa yang rendah memang bisa membuat nafsu makan seseorang meningkat, tapi kadar gula darah yang tinggi juga demikian. Seseorang akan sulit merasakan rasa kenyang ketika kadar gula darahnya melonjak.

2. Gerak Tubuh Lebih Lamban

Apa kamu sering merasa badan jadi lebih lamban dari biasanya? Bila kondisi ini sering kamu alami, bisa jadi hal itu menandai tingginya kadar gula darah. Gula darah yang tinggi ini menimbulkan lonjakan insulin yang menimbulkan berbagai masalah pada tubuh. Salah satunya, energi jadi enggak stabil.

Ketika tubuhmu terlalu banyak mengonsumsi gula, level gula darah juga semakin tinggi, sehingga terjadilah pasang-surut energi.

3. Kulit Bermasalah

Kadar gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan sederet masalah bagi kulit. Menurut ahli dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, AS, seperti dilansir dari situs Selfsebagian orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap lonjakan insulin. Nah, melonjaknya insulin ini yang memicu hormon lainnya yang bisa menimbulkan masalah kulit. Contoh paling sederhananya adalah pertumbuhan jerawat.

4. Mengidam Makanan Manis

Kalau kamu merasa kesulitan untuk berhenti ketika sedang mengasup makanan atau minuman manis, enggak usah heran. Penjelasan di dalam buku The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger, menunjukkan semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka semakin bertambah pula keinginanmu untuk mengonsumsinya. Hal ini bukan disebabkan karena kurangnya gula darah atau selera seseorang. Namun, makanan manis bisa membuat seseorang ketagihan karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

Baca jugaPenderita Diabetes? Jangan Makan Makanan Panas, Bahaya!

Gejala dan Efek yang Ditimbulkan Lainnya

Cek laboratorium menjadi cara tepat untuk memastikan level gula darah dalam tubuh. Namun, melonjaknya gula darah dapat menimbulkan gangguan fisik.

Berikut ini tanda-tanda bila kadar gula darah tubuh melonjak, yaitu:

  • Mudah merasa lelah dan mengantuk;

  • Sering merasa haus;

  • Kulit gatal dan kering;

  • Berat badan turun;

  • Penglihatan menjadi buram;

  • Frekuensi buang air kecil meningkat, terutama pada malam hari;

  • Berat badan turun, tapi nafsu makan bertambah;

  • Sulit berkonsentrasi;

  • Sakit kepala.;

Add a Comment