Hampir 70 Tahun! Sop Cendrawasih Sop Legendaris Makassar

PrimaBerita – Berkunjung ke Makassar pasti harus mencicipi kuliner yang satu ini. Orang Makassar pasti tahu sop daging legendaris satu ini. Adalah Sop Cendrawasih yang berdiri sejak 1952. Pengelola Sop Cendrawasih diwariskan pada keturunannya yang sekarang sudah sampai pada generasi kelima. Ini rahasia di balik rasanya yang tak tercemar.

Sop Cendrawasih sebenarnya sudah ada sejak tahun 40-an, tapi bukanya di Pasar Jalan Merpati. Kemudian mereka pindah ke Jalan Cendrawasih dan jadi lebih dikenal dengan Warung Sop Cendrawasih di bawah pohon besar.

Sop Cendrawasih rupanya seperti perpaduan antara rawon dan sop dengan daging pilihan. Tersaji lengkap dengan buras atau lontong bersantan berukuran jumbo nan lembut, kacang goreng, serta telur. Selain daging, semangkuk penuh Sop berisi soun, paru, hati, perkedel, dan taburan seledri.

Baca juga: Jarang Diketahui Banyak Orang, 7 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Untuk mengerti sesuatu yang sifatnya warisan, memang harus datang langsung ke tempatnya. Baik itu soal lokasi ataupun cita rasa. Kedainya pun masih tampak sederhana.

Tak heran orang banyak yang kembali ke warung untuk memenuhi kerinduan cita rasa otentik ‘tempo doeloe’. Kenikmatan Sop tak hanya tersiar di dalam negeri bahkan sampai luar negeri.

“Oleh pelanggan lokal dan pejabat, hingga pelanggan dari Hongkong yang sengaja ke Makassar karena kangen dengan sopnya. Di zaman 60-an, mantan presiden juga pernah mampir ke sini,” lanjut Mas Tomo.

Meski pemiliknya mempertahankan keaslian rasa dan suasana kedai masa lalu, namun Mas Tomo tetap mengikuti tren strategi pemasaran melalui aplikasi dengan bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan GrabFood.

Baca juga: Bisa Berbahaya, Kenali Gejala Infeksi Lambung dan Penanganannya

Add a Comment