Tips untuk Pikiran Bebas Stress

Prima Berita – Pikiran bebas stress adalah keinginan banyak orang yang mempunyai keluhan stress. Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang. Kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan. Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan kalian juga akan bernapas lebih cepat. Hal ini dikarenakan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga kalian merasa mudah lelah. Jadi bagaimana membuat pikiran bebas dari stress?

Namun jangan khawatir, untuk mengatasi stress ikutilah tips-tips di bawah ini. Stress akan lebih mudah hilang. Say bye-bye to stress.

Perbanyak asupan serat

Mengutip dari The Journal of Physiology, makanan dengan kandungan serat tinggi dalam pola makan harian dapat membantu mengurangi stres. Jarang diketahui, ternyata bakteri yang bersarang di dalam usus bisa membantu menurunkan tingkat kecemasan serta stres pada tubuh. Setiap kali makan sumber serat, bakteri tersebut akan mengubah serat menjadi asam lemak rantai pendek, atau short-chain fatty acids (SCFAs). Selain bertugas sebagai salah satu sumber gizi utama bagi pencernaan, makanan dengan SCFAs juga dapat membantu menurunkan tingkat stres. Buah apel, kacang kedelai, kacang polong, produk dari gandum, serta aneka ragam sayuran merupakan sumber serat tinggi yang akan membantu merangsang produksi SCFAs. Di samping itu, kondisi stres yang berlarut-larut juga dapat memengaruhi kerja usus dengan membuat sekat atau “penghalang”. Alhasil, makanan di dalam pencernaan pun akan lebih susah dicerna. Dalam kondisi ini, asupan makanan tinggi serat dapat membantu menghilangkan “penghalang” karena menghasilkan banyak SCFAs. Jadi, jangan ragu untuk memperbanyak asupan serat untuk mengurangi stres.

Penuhi kebutuhan cairan setiap hari

Kurang cairan bukan hanya bikin haus, tapi bisa membuat tubuh sampai dehidrasi. Tanpa sadar, saat mengalami dehidrasi maka terjadi peningkatan kadar hormon kortisol.

Tingginya kadar hormon kortisol merupakan cara tubuh merespon atau memberikan sinyal ketika sedang kekurangan cairan. Itulah mengapa tidak butuh waktu lama, kalian akan merasa sangat stres dan sulit berpikir jernih. Pastikan tubuh tidak kekurangan asupan cairan setiap harinya untuk mencegah stres sekaligus dehidrasi.

Add a Comment