Puluhan anak Ular Cobra Muncul Resahkan warga Citayam Bogor

Prima berita– Puluhan anak ular cobra muncul di permukiman warga citayam bogor. Puluhan Anak ular kobra ini salah satunya karena induk kobra bisa bertelur hingga puluhan. Pertama kali ditemukan oleh warga Rabu 4 Desember 2019. Awalnya masyarakat melihat 3 ekor anak kobra sedang meliuk-liuk di depan rumah samping musala sekitar pukul 16.00 WIB. Selama 4 tahun terakhir di bulan-bulan tertentu warga selalu diresahkan dengan keberadaan ular kobra di permukiman mereka.

Bukan hanya di pekarangan, ular beracun ini juga kerap masuk ke dalam rumah warga. Anak kobra yang berkeliaran berwarna kulit hitam pekat.

Tubuhnya lebih pipih. Jenis ini disebut dengan Kobra Jawa atau nama latinnya, Naja sputatrix.

Induk kobra bertelur 12-20 butir Munculnya puluhan anak ular kobra salah satunya karena induk kobra saat bertelur bisa mencapai 12-20 butir telur. Telur-telur tersebut akan menetas dalam rentang waktu 3-4 bulan. Telur kobra juga tidak diletakkan di sarang layaknya telur ayam.  

Pegiat Animal Rescue, Rizki Maulana, menjadi salah satu relawan dalam penangkapan 29 anak ular kobra di kompleks permukiman Citayam Residence, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. “Anak ular kobra memang sudah memiliki kelenjar racun (bisa) sejak dilahirkan. Dan agresifitas mereka adalah langsung menggigit siapapun yang berpapasan dengannya karena dianggap sebagai ancaman bahaya”.

Otomatis, dengan menggigit, si anak kobra sudah langsung menyuntikkan bisa atau kelenjar racun miliknya kepada korban. Sehingga, selain terus mencari sarang induk kobra, Rizki menyatakan pihaknya bersama warga Citayam Residence terus berusaha mencari apakah memang masih ada anak-anak ular kobra yang menetas lantas berkeliaran bebas sambil bersembunyi di area komplekas perumahan Citayam Residence.

Serangan ular kobra tidak sebatas pada gigitannya saja. Sebab, ular ini juga bisa menyemburkan bisanya dalam keadaan terancam dan jika mengenai anggota tubuh sama bahayanya jika tidak ditangani dengan baik. Salah satu hal yang harus Anda lakukan apabila bertemu dengan ular adalah tetap tenang dan jangan panik. Sebab tak semua reptil melata itu berbisa. Jangan sampai Anda membunuh ular tersebut. Menjauh adalah pilihan yang tepat, atau menunggunya hingga pergi.

Add a Comment