Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

PrimaBerita – Beragam manfaat dari buah Apel bagi kesehatan yang tanpa kita sadari bahkan bisa cegah kanker. Apel merupakan salah satu buah yang disukai oleh banyak orang.

Selain karena rasanya, juga karena manfaat apel yang begitu baik bagi kesehatan tubuh. Kalimat “An apple a day keeps the doctor away”, sepertinya bukan omong kosong belaka, karena manfaat apel memang membuat kita tidak perlu menemui dokter, atau dengan kata lain dapat mencegah berbagai penyakit.

Baca juga : Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Musim Hujan dengan Tips Berikut

Secara umum, berikut manfaat buah apel bagi kesehatan:

1. Mencegah kanker

Warna merah yang mendominasi sebagian besar jenis apel ternyata bukan tanpa manfaat. Warna merah ini disebabkan adanya antosianin, sejenis fitonutrien (senyawa kimia unik yang hanya terdapat pada tumbuhan) yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Antosianin memiliki sifat antiradang dan antikanker. Beberapa studi yang sudah dilakukan dengan hewan menunjukkan bahwa fitonutrien dalam apel dapat membantu melindungi tubuh dari kanker paru dan kanker usus. Salah satu flavonol yang ditemukan di apel juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas.

Studi lainnya, yang diterbitkan dalam jurnal akademik Annals of Oncology menemukan bahwa rutin mengonsumsi 1 buah apel atau lebih setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker kanker kolorekteral sebanyak 20 persen dan kanker payudara sebesar 18 persen. Meski begitu, masih dibutuhkan banyak penelitian lainnya untuk memastikan manfaat buah apel dalam melawan sel kanker.

Antosianin juga berperan dalam menjaga kesehatan penglihatan dan membantu mencegah penurunan fungsi saraf yang disebabkan oleh usia tua.

2. Memelihara kesehatan usus

Apel segar kaya akan serat larut dan tidak larut yang membantu melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

Baca juga :Bahaya Minum Kopi dalam keadaan Perut Kosong

3. Baik untuk jantung

Manfaat apel bila rutin dikonsumsi satu atau dua buah sehari, diduga mampu memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri juga merupakan salah satu manfaat buah apel. Ini semua berkat kombinasi serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati). Dan antioksidan yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

4. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat apel yang memiliki indeks glikemik rendah, baik untuk penyakit diabetes. Fitonutrien dalam apel membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Finonutrien ini diduga membantu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat enzim pencernaan. Yang berfungsi memecah karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Antioksidan dalam apel juga berperan dalam menjaga kesehatan pankreas. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi apel dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes. Namun, disarankan untuk tetap berhati-hati dalam mengonsumsi apel (terutama jus apel kemasan) dan rajin memeriksa kadar gula darah, jika Anda menderita diabetes.

5. Mencegah kanker

Menurut penelitian, manfaat apel yang bisa didapat dengan rutin mengonsumsi satu buah apel setiap hari, adalah menurunnya risiko terkena kanker kolorektal, kerongkongan, paru-paru, mulut, dan payudara. Efek pencegah kanker ini mungkin diperoleh dari manfaat apel yang mengandung antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan. Walau demikian, manfaat apel sebagai pencegah kanker masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut.

6. Menjaga kesehatan otak

Apel mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel terlihat mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan stroke.

Baca juga : 8 Manfaat Saffron, Rempah Termahal di Dunia bagi Kesehatan

7. Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel tiga kali sehari mampu menurunkan berat badan dalam waktu 12 minggu. Manfaat apel untuk membantu menjaga berat badan ini diperoleh dari kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga membuat lebih cepat kenyang dan membantu mengurangi porsi makan berlebih.

8. Mengatasi bau mulut

Apel mengandung pektin yang bermanfaat mengontrol bau makanan serta meningkatkan air liur yang berfungsi membersihkan mulut.

Add a Comment