Hal yang Diam-diam Membuat Kulit Lebih Cepat Tua

Prima Berita – Banyak hal yang dapat menyebabkan sel kulit menua. Beberapa hal tersebut mungkin tidak bisa dicegah dan beberapa lainnya masih dapat diperbaiki. Satu hal yang pasti terjadi dan tidak dapat diubah adalah proses penuaan alami terkait dengan waktu. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai kulit yang awet muda, seperti menggunakan produk perawatan kulit antipenuaan yang pasti harganya tidaklah murah.

Ternyata, justru penuaan dipercepat oleh hal-hal di sekitar kita loh. Check it out!

Ekspresi wajah

Gerakan wajah yang berulang juga dapat mempercepat penuaan kulit. Saat menggerakkan otot wajah, lekukan akan terbentuk di bawah permukaan kulit. Karena kulit akan menua seiring dengan usia dan kehilangan elastisitasnya, kulit akan sulit untuk kembali ke bentuk normalnya sehingga lekukan ini akan terbentuk menjadi permanen sebagai garis-garis halus dan kerutan.

Asupan makan yang buruk

Nutrisi ini didapatkan dari sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, serta antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah sangat penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Sebaliknya, makan makanan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat justru dapat mempercepat penuaan kulit.

Kerusakan kulit karena matahari

Sinar ultraviolet dalam sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan ringan pada bagian kulit yang disebut elastin. Kerusakan pada elastin ini dapat menyebabkan kulit menjadi tidak kencang, meregang, dan kehilangan kemampuannya untuk sehat kembali setelah meregang.

Polusi udara

Polusi yang ada di sekitar mengandung partikel-partikel kecil yang bisa masuk ke tubuh dan menyebabkan penuaan pada kulit. Partikel sangat kecil ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit, menimbulkan kerutan, garis-garis halus, dan membuat kulit menjadi kering dan kusam.

Stres

Saat stres, tubuh memproduksi hormon stres (hormon kortisol) yang dapat berpengaruh pada sel-sel kulit. Hormon stres ini dapat mengakibatkan penuaan dini dan juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat.

Posisi tidur

Tidur dengan posisi yang sama setiap malam juga dapat menyebabkan keriput di wajah. Tidur dalam posisi menyamping dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus di sekitar pipi dan dagu. Posisi tidur telentang adalah posisi tidur yang baik untuk membantu mencegah timbulnya kerutan.

Merokok

Asap rokok dan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan perubahan biokimia dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan.

Baca juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

 

Add a Comment