Pilihan Baju Yang Tepat Saat Bayi Demam

AwanbabyClothing – Saat bayi demam pasti membuat para bunda menjadi panik untuk memilih baju yang tepat. Karena jika menggunakan baju yang tidak tepat, bayi akan menjadi resah dan rewel.

Mitos untuk memakaikan baju tebal ketika bayi demam agar berkeringat dan demamnya cepat turun memang masih banyak dipercaya.

Akan tetapi, ternyata hal tersebut justru harus dihindari karena dapat memperparah kondisi bayi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Berikut saran baju yang tepat saat bayi demam.

Jangan Pakaikan Pakaian Tebal dan Berlapis Ketika Bayi Demam

Dikutip dari verywellfamily.com, American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan bahwa memaksa tubuh bayi berkeringat bukanlah cara yang baik untuk mengobati demam.

Bayi masih belum mampu mengatur suhu badannya dengan baik.

Jika bunda memakaikan pakaian tebal atau berlapis saat ia demam, suhu tubuhnya akan semakin meningkat dan demamnya lebih sulit turun.

Jadi, jika Si Kecil berada di suhu ruangan sekitar 21 – 24 derajat Celcius, lebih baik biarkan si kecil mengenakan pakaian tipis sehingga suhu tubuhnya dapat lebih cepat turun.

Pakaian Bayi Berbahan Katun Lebih Disarankan

Serat alami pada katun terbukti dapat menyerap kelembaban saat bayi berkeringat.

Selain itu, pakaian berbahan katun memiliki pori-pori besar yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan dengan lancar.

Ini akan membuat bayi tetap merasa sejuk dan nyaman saat suhu tubuhnya meningkat.

Jangan menyeka pakaian bayi karena tidak ada gunanya ketika ia demam. Dan tidak terbukti mampu membantu menurunkan demamnya.

Dokter menyarankan untuk mengompres bagian ketiak, dahi, dan kedua sisi selangkangan bayi menggunakan air hangat. Cara ini lebih membantu menurunkan demam pada bayi.

Bunda juga harus memperhatikan suhu ruangan agar tidak terlalu panas ataupun dingin saat bayi demam.

Selain itu, cobalah untuk tidak membawa bayi keluar rumah dan terpapar sinar matahari langsung. Jika terpaksa, pastikan untuk lebih sering berada di tempat teduh. Dan jangan lupa untuk membawa bayi ke dokter jika kondisinya memburuk.

Berbagai jenis dan bahan pakaian bayi tersedia di awanbabyclothing. Bunda dapat menemukan jenis pakaian bayi yang sedang bunda butuhkan.

Add a Comment