Hari Pahlawan : Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

primaberita-presiden-jokowi-memimpin-upacara-ziarah-nasional

Primaberita – Presiden Joko Widodo atau Jokowi pimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Ahad, 10 November 2019. Berdasarkan dokumen Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2019 yang dikeluarkan Kementerian Sosial, Jokowi bertugas sebagai Inspektur Upacara.

Upacara Ziarah Nasional berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Dimulai pukul 08.00, acara ini diperkirakan diikuti oleh 3.500 orang. Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan hadir.

Selama lima tahun menjabat sebagai presiden, Jokowi tercatat mengikuti Upacara Ziarah Nasional di berbagai tempat. Pada Hari Pahlawan 2015, Jokowi memimpin upacara di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya.

Sementara pada 2016 dan 2017 upacara Ziarah Nasional berlangsung di TMP Kalibata. Sedangkan pada tahun lalu Jokowi memimpin upacara di TMP Cikutra, Bandung.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin juga ikut serta menghadiri Upacara Hari Pahlawan Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Kalibata, Jakarta Selatan. Selain Ma’ruf sejumlah menteri kabinet juga telah tiba.

Ma’ruf tiba pada pukul 07.30 WIB mengenakan jas warna hitam dengan dasi warna merah. Ma’ruf terlebih dahulu menunggu di selasar VVIP.

Setelah Ma’ruf, nampak tiba Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Nampak hadir pula Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan Kepala BNPB Doni Monardo. Pejabat lainnya juga nampak telah hadir sebelumnya.

Selain itu, Kementerian Sosial mengimbau agar seluruh rakyat Indonesia ikut mengheningkan cipta pada Hari Pahlawan 10 November 2019. Melalui akun media sosialnya, Kemensos mengajak masyarakat mengheningkan cipta mulai pukul 08.15, selama 60 detik untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur.

Add a Comment