Facebook Pay, Inikah Pengganti Calibra dari Facebook

PrimaBerita – Facebook meluncurkan sistem pembayaran baru bernama Facebook Pay. Sistem pembayaran ini akan berlaku di lintas platform milik Facebook Inc., yakni Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

Facebook

Dengan Facebook Pay, pengguna bisa lebih mudah melakukan pembayaran saat berbelanja online, donasi online, atau transfer uang ke pengguna lain langsung dari aplikasi.

Facebook mengatakan, sistem pembayaran terbarunya ini terpisah dari dompet uang virtual mereka, yakni Calibra. Mareka justru menggandeng mitra lain, seperti PayPal dan Stripe.

“Facebook Pay berdiri di atas infrastruktur finansial dan mitra yang sudah ada,” jelas Deborah Liu, VP, Marketplace & COmmerce Facebook dalam keterangan resmi perusahaan.

Facebook

Apabila nanti sudah tersedia di WhatsApp, Instagram, dan Messenger, pengguna bisa mengatur sendiri, apakah ingin mengaktifkan Facebook Pay secara manual per aplikasi atau disinkronisasi langsung antar aplikasi tersebut.

Liu mengatakan, Facebook tidak mengaktifkan sinkronisasi secara otomatis. Hal ini cukup membawa kelegaan bagi pihak yang masih skeptis dengan keamanan data pengguna.

“Kami merancang Facebook Pay untuk menyimpan dan mengenkripsi kartu serta nomor rekening bank Anda dengan aman,” klaim Liu.

Facebook berjanji untuk melakukan pemantauan anti-penipuan pada sistemnya untuk mendeteksi aktivitas yang dinilai janggal dan akan memberikan notifikasi untuk mengaktifkan akun.

Baca juga: Jokowi Bakal Menambah 6 Wakil Menteri Baru, Salah Satunya Adalah…

Add a Comment