Hentikan 5 Kebiasaan Sepele Ini! Bisa Mengakibatkan Kemandulan

priamberita-kebiasaan-sepele-mengakibatkan-kemandulan

Primaberita – Tanpa kita sadari kebiasaan sepele yang kita lakukan bisa mengakibatkan kemandulan padahal setiap pasangan tentu mengharapkan untuk memiliki keturunan. Namun, setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk mendapatkan keturunan.

Kemandulan pada pria maupun wanita bisa terjadi akibat beragam faktor. Meski demikian, ternyata masalah penyebab kemandulan sendiri bisa terjadi sejak remaja akibat melakukan kebiasaan sepele yang berdampak buruk bagi kesehatan secara terus menerus .

Berikut 5 Kebiasaan Sepele bisa mengakibatkan kemandulan

1. Kecanduan kafein

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang dan tidak berlebihan memang memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kafein dikonsumsi secara berlebihan justru dapat merusak kesuburan. Parahnya, hal ini tidak terjadi pada wanita saja, tapi juga pada pria.

2.Terlalu Lama Menonton Televisi

Sebuah riset yang dilakukan di Denmark menunjukkan bahwa menonton televisi terlalu lama dapat meningkatkan risiko kemandulan. Hal ini akibat tubuh menjadi tidak aktif bergerak selama menonton tv, sehingga menyebabkan kekurangan enzim antioksidan dan peningkatan suhu skrotum akibat telalu lama duduk menonton tv.

3. Bermain Smartphone saat Ingin Tidur

Hormon melatonin yang bisa diproduksi ketika tidur akan terganggu. Hormon ini tidak hanya penting di otak, karena ternyata melatonin juga penting untuk proses reproduksi.

Melatonin bertanggung jawab untuk melindungi telur dari radikal bebas yang dapat membahayakan mereka, terutama saat ovulasi. Tanpa produksi yang cukup, bukan tak mungkin kita akan sulit hamil.

4. Sering begadang

Kebiasaan tidur yang buruk juga dapat menyebabkan masalah berat badan, baik pada pria maupun wanita. Hal tersebut akan berdampak pada masalah ovulasi bagi perempuan dan obesitas juga dikaitkan dengan sperma yang kurang sehat.

5. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, ternyata olahraga yang berlebihan bagi perempuan seperti olahraga berat kardio dan angkat beban justru dapat menjadi penyebab kemandulan. Hal ini terjadi akibat masalah hormon akibat sistem reproduksi tidak bekerja secara normal, sehingga akan sulit mendapatkan tanda-tanda ovulasi pada rahim.

Add a Comment