Gubernur Bank Indonesia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 5,05 Persen

primaberita-Prediksi-pertumbuhan-ekonomi

Primaberita – Gubernur Bank Indonesia atau BI Perry Warjiyo prediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,05 persen pada kuartal III-2019.  Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, hal tersebut didasarkan pada pertimbangan kondisi perekonomian dunia yang cenderung belum kondusif dan cenderung tumbuh melambat. Selain itu, juga kondisi perekonomian domestik serta pertumbuhan investasi non bangunan yang belum menggembirakan.

“Saya pernah katakan di sekitar 5,1 persen tapi berdasarkan pemantauan dari berbagai indikator memang pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2019 akan di sekitar 5,05 persen. Kata Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Menurut Perry, pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2019 yang sebesar 5,05 persen ditopang oleh konsumsi yang terjaga. Dia mengatakan pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan akan tumbuh di kisaran 5 persen.

Baca juga : Gagal Ungkap Kasus Novel Baswedan, Jokowi Angkat Tito Jadi Mendagri

Untuk keseluruhan 2019, Perry prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di kisaran 5,2 persen. Hal itu, kata dia, masih di dalam perkiraan target BI, di kisaran 5 persen hingga 5,4 persen.

Lebih lanjut Perry mengatakan indikator pertumbuhan ekonomi di 5,05 persen. Salah satunya karena penjualan eceran, kegiatan dunia usaha dan optimisme konsumen yang melemah. Berdasarkan hasil survei BI, Indeks Penjualan Riil Agustus 2019 tumbuh 1,1 persen year on year, lebih rendah dibandingkan dengan IPR Juli 2019 yang tumbuh sebesar 2,4 persen yoy.

Kendati demikian, Perry mengatakan kinerja investasi bangunan masih belum cukup kuat. Namun, hasil survei BI terbaru menunjukkan investasi bangunan akan kembali meningkat pada kuartal IV-2019 ditopang dengan kembali meningkatnya keyakinan pelaku usaha.

BI pun masih mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun tengah kisaran 5 persen hingga 5,4 persen. Artinya, ekonomi RI akan tumbuh maksimal 5,2 persen di akhir 2019 ini. Sementara tahun 2020 mendatang, perekonomian Indonesia diperkirakan akan tumbuh di titik tengah kisaran 5,1 persen hingga 5,5 persen.

Add a Comment