5 Fakta Menarik Dari Gunung Tangkuban Parahu, Sudah Tahu Belum?

primaberita-fakta-menarik-dari-gunung-tangkuban-perahu

PrimaberitaGunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pastinya ada fakta menarik dari gunung tangkuban parahu ini. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya. Gunung ini mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat.

Berikut fakta menarik dari Gunung Tangkuban Parahu yang perlu diketahui :

1. Legenda Sangkuriang

Asal usul Gunung Tangkuban Parahu kerap dikisahkan tentang Sangkuriang yang menendang kapal hingga terbalik dan menjadi gunung. Kisah bermula saat dirinya jatuh cinta dengan ibunya sendiri setelah sekian tahun tak pernah lagi bertemu.

Dayang Sumbi yang tak bersedia dinikahi Sangkuriang, akhirnya membuat sebuah permintaan sebagai syarat. Ia meminta Sangkuriang membuatkan perahu lengkap dengan danaunya dalam waktu semalam sebelum matahari terbit. Namun sedikit lagi perahu tersebut selesai, Dayang Sumbi terus berdoa agar matahari lebih cepat terbit dan doanya dikabulkan. Karena emosi, lantas ia menendang kapalnya yang kemudian terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

2. “Perahu” dilihat dari bagian selatan

Perahu terbalik dalam cerita Sangkuriang ini terlihat sebagai perahu jika dilihat dari sisi selatan. Gunung Tangkuban Parahu terlihat bentuknya seperti perahu terbalik karena ada dua kawah yang berdampingan antara arah barat dan timur. Artinya, gunung tersebut hanya terlihat seperti perahu terbalik dari arah selatan (Lembang) saja. Sedangkan jika dilihat dari arah lain, tidak akan tampak demikian.

baca juga : Top 7 Kota Wisata Indonesia Yang Paling Banyak Dikunjungi

3. Sebagai tempat para dewa

Gunung Tangkuban Parahu juga dikenal sebagai tempat para dewa. Secara etimologis parahu menunjuk kata para yang artinya banyak dan hu yang artinya dewa atau kebaikan. Seiring berjalannya waktu, kini Gunung Tangkuban Parahu menjadi lokasi yang tak pernah sepi oleh wisatawan maupun warga sekitar yang mengadu nasib menjadi pedagang disana.

4. Memiliki 9 Kawah

Gunung Tangkuban Parahu memiliki 9 kawah. Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Tiga kawah terbesar dengan diameter sekitar 500 meter menjadi tujuan utama wisata, yakni Kawah Ratu, Domas, dan Upas.

Adanya gas beracun di Kawah Ratu dan Kawah Upas mengakibatkan keduanya tidak bisa dituruni sejak 1975 dan hanya Domas yang bisa dituruni.

5. Memiliki Riwayat Erupsi Purba

Tangkuban Parahu meletus hebat sekitar 40.000 tahun lalu, menghasilkan aliran lava berkomposisi basal yang terutama mengalir ke arah timur laut. Aliran lava ini menutupi area seluas 189 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata 10 meter. Tangkuban Parahu tumbuh dalam Kaldera Sunda 90.000 tahun lalu. Sekian fakta menarik dari gunung tangkuban parahu.

Add a Comment