Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Mengunjungi Tempat Wisata Alam

PrimaBerita – Anda mulai jenuh dengan sederet rutinitas anda setiap hari? jenuh dan butuh piknik? Ini merupakan alasan saatnya anda mengunjungi tempat wisata alam. Tidak perlu jauh-jauh, Indonesia memiliki sejuta pesona wisata alam.

Pesonan alam yang ada di Indonesia sepertinya tak akan pernah membuat Anda lelah untuk mengagungkan ciptaan Tuhan. Apalagi liburan akhir tahun sudah didepan mata, ambil cuti dan mulailah menjelajahi alam kemudian hilangkan stres sejenak.

Berikut sederet alasan mengapa Anda perlu mengunjungi tempat wisata alam

Pikiran yang tadinya mumet, bisa jadi segar kembali berkat pepohonan hijau yang menyejukkan

Dalam riset yang dilakukan Marc Berman dari University of Michigan, Amerika Serikat pada 2009.

Disebutkan di studi itu kalau orang yang badannya tidak fit atau terserang penyakit relatif lebih cepat pulih setelah melihat rimbunnya pepohonan di alam bebas, dibandingkan mereka yang hanya melihat susunan gedung.

Baca juga : 7 Tempat Wisata Untuk Liburan Akhir Tahun di Indonesia

Bahkan dalam penilitian itu juga disebut kalau orang yang tinggal di perumahan yang rimbun pepohonannya atau indah hamparan rumputnya punya kemampuan fokus yang lebih baik dari mereka yang menetap di apartemen di tengah kota.

Jadi kalau Anda ingin menenangkan pikiran yang sedang ruwet, cobalah mengunjungi alam bebas untuk memulihkannya.

Pikiran segar akibat desiran angin bebas polusi pun membuat rasa stres lenyap

Setelah pikiran kembali rileks, berbagai tekanan akibat rutinitas sehari-hari pun perlahan hilang. Hati jadi kembali senang, dan berbagai beban seperti langsung sirna. Maka itu alam disebut-sebut memiliki kekuatan dahsyat untuk meredam stres.

Untuk menguatkan kesimpulan tersebut, seorang dokter dari Inggris pernah merilis penelitian dari kegiatannya mengumpulkan bukti-bukti bahwa orang cenderung lebih bahagia saat berada di pedesaan, perkebunan, atau sekadar taman.

Sebabnya, desiran angin di tengah perpaduan pepohonan, bebatuan, dan sungai mampu menimbulkan efek rileks dan membuat pikiran lebih adem, sehingga rasa mumet atau pusing akibat berbagai urusan atau rutinitas sehari-hari pun teredam, dan kita jadi lebih bisa fokus dan berpikir tenang setelahnya.

Sebaliknya, orang yang jarang bersentuhan dengan alam cenderung mudah merasakan depresi dan kegelisahan. Jadi, kalau kepenatan Anda sudah terasa mengarah ke stres, jangan tunda lagi untuk mengajak teman atau keluarga berlibur ke alam bebas.

Jika membutuhkan ide wisata alam anti-stres, Anda mungkin bisa mencoba pusat retreat yoga di daerah Dharamkot, Goa, India. Selain memang terletak di pedesaan yang terletak di tengah alam pegunungan Himalaya, destinasi ini memang akan mengajak kita mengikuti kelas yoga yang menyejukkan mata, hati, dan pikiran. Stres? Anda pasti sudah melupakannya sesampainya di sana.

Setelah stres hilang, kita jadi bersemangat lagi, dan tubuh pun kembali fit

Berawal dari pikiran yang sehat dan bebas dari stres, kondisi fisik pun akhirnya mengikuti energi positif itu.

Banyak yang bilang, kalau penyakit kebanyakan orang di perkotaan seperti obesitas, tekanan darah tinggi, sampai masalah jantung, tak hanya diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, tapi juga pikiran yang mumet dan stres.

Baca juga : Pindah Ke Molise Dibayar Ratusan Juta, Ada yang Tertarik?

Ada hasil penelitian menyebutkan kalau tekanan menjalani kegiatan sehari-hari di dalam ruangan yang terlalu kuat adalah sumber masalahnya. Maka itu, sangat dianjurkan untuk mengimbangi aktivitas sehari-hari dengan aktivitas luar ruangan.

Bahkan, untuk berolahraga saja dianjurkan untuk melakoninya di luar ruangan, karena lebih baik dampaknya terhadap tekanan darah dan meredam tingkat stres seseorang, dibandingkan olahraga di dalam ruangan.

Add a Comment