Metode Kakeibo, Metode Sakti Penyelamat Keuangan Anak Kos. HEMAT 35%

PrimaBerita – Pasti sebagian besar mahasiswa yang tinggal jauh dari rumah pernah mengalami yang namanya telat kiriman ataupun masalah keuangan lainnya. Mari kenalan dengan salah satu metode yaitu Metode Kakeibo. Kakeibo sendiri berasal dari Bahasa Jepang yang artinya: buku besar keuangan rumah tangga. Metode ini ialah sebuah teknik pengelolaan yang dengan mudah mengelompokkan kebutuhan kita ke beberapa pos.

Teknik yang digunakan adalah dengan menuliskan semua pengeluaran sehari-hari ke dalam buku catatan fisik.

Sejarah

Metode Kakeibo sudah ada sejak tahun 1904. Metode ini kemudian dipopulerkan oleh penulis asal Jepang Fumiko Chiba yang berjudul “The Japanese Art of Saving Money”. Melalui buku ini, metode Kakeibo mulai dikenal masyarakat dunia. Termasuk Indonesia.

Kelebihan

Meskipun tergolong tradisional, metode ini mampu menghemat pengeluaran sampai 35%. Metode ini mampu memperkecil pengeluaran kita serta mempermudah kita dalam mengontrol keuangan setiap bulannya. Jadi bagi teman-teman yang menginginkan ada tabungan setiap bulannya, bisa menggunakan metode ini.

Ada 5 step dalam metode asal Negeri Sakura ini. Yuk kita cek sekaligus siapkan buku dan pulpen ya!

1. Catat pemasukan setiap bulan

Yang dicatat itu semuanya, baik itu kiriman dari orang tua maupun gaji dari pekerjaan. Perlu diingat, pastikan nominal yang dicatat harus stabil. Andai pendapatan yang masuk berubah-ubah, maka tentukan berapa rata-rata uang yang masuk setiap bulannya.

2. Buat budget pengeluaran yang bersifat harian, mingguan, dan bulanan

Pisahkan budget pengeluaran harian-mingguan-bulanan menjadi 3 tipe pengeluaran. Basic atau dasar, berupa kebutuhan yang selalu dikeluarkan setiap bulannya. Seperti uang makan, transportasi, dan sewa kosan. Sekunder, pengeluaran bulanan yang tidak sepenting pengeluaran basic: seperti jalan-jalan, perawatan salon, dan lainnya. Dan yang ketiga pengeluaran long-term. Pengeluaran yang jangka waktunya masih lama, seperti membayar UKT.

3. Tentukan jumlah saving

Cara menghitungnya, total pendapatan bulanan dikurangi pengeluaran yang sudah dianggarkan. Maka akan muncul nominal sisa uang yang tersedia. Kemudian tentukan berapa yang ingin teman-teman simpan. Jangan disimpan semua. Sisihkan beberapa, itu nantinya yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendadak seperti kado ulang tahun teman, emergency rumah sakit, dan lain sebagainya.

4. Buat laporan arus keuangan tahunan

Dari catatan pengeluaran harian makan akan muncul total dalam sebulan. Dari total tersebut, nantinya disatukan dalam laporan tahunan pribadi. Fungsinya apa? Sebagai bahan evaluasi.

5. Lakukan evaluasi pengaturan uang yang sudah berjalan

Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa hemat atau boroskah teman-teman dalam mengelola uang. Juga sebagai sarana untuk memperkecil nominal pengeluaran agar uang yang masuk sebagai simpanan bisa lebih besar.

Ada hal yang penting yang perlu diperhatikan dalam metode Kakeibo. Penggunaan uang cash dan amplop/map. Beri nama amplop/map sesuai kategori budget pengeluaran yang telah dibuat dan masukkan uang sesuai dengan anggaran.

Tujuan dari penggunaan uang cash dan amplop adalah sebagai bentuk belajar disiplin ketika anggaran x telah habis dan kurang. Kita tidak boleh mengambil uang dari anggaran lainnya. Juga sebagai sarana untuk mengontrol penggunaan uang secara hemat dan efektiif.

Sumber: Kompasiana

Baca juga: MEGA PROYEK Jembatan Selat Sunda Akan Kembali Direncanakan

Add a Comment