Ini Penyebab Tenggorokan Terasa Gatal saat Batuk

Penyebab Tenggorokan Gatal saat Batuk

PrimaBerita – Saat anda batuk mungkin anda merasakan tenggorokan terasa gatal namun tahukah anda penyebab hal tersebut. Biasanya ini akan terjadi jika anda mengalami batuk kering.

Bahkan rasa gatal masih bisa tinggal meski batuk sudah sembuh. Mungkin beberapa orang mengalami suara jadi serak dan kesulitan bicara akibat batuk dan gatal tenggorokan.

Batuk adalah gangguan kesehatan yang paling umum terjadi. Biasanya batuk terjadi saat saluran pernapasan menghadapi partikel asing atau zat yang mengganggu. Batuk adalah cara tubuh membersihkan saluran pernapasan dari zat asing tersebut. Namun, beda halnya ketika batuk terjadi terus-menerus, bisa jadi ini adalah gejala dari penyakit tertentu.

Penyebab Tenggorokan Terasa Gatal Saat Batuk

Ada Lendir yang Menumpuk

Biasanya tenggorokan gatal muncul saat anda batuk keirng ataupun batuk berdahak namun anda juga penyebabnya adalah lendir atau dahak yang menumpuk pada saluran napas.

Lendir yang menetes akan menyebabkan gatal dan kering pada tenggorokan. Kondisi ini biasa dikenal dengan post-nasal drip dan umum terjadi meski telah sembuh dari flu.

Ada Gejala Asam Lambung

Anda dapat mengalami tenggorokan gatal saat batuk jika anda memiliki GERD atau asam lambung naik. Karena produksi cairan asam mempermudah kinerja sistem pencernaan. Hanya saja saat asam yang diproduksi terlalu banyak, kamu akan mengalami gangguan asam lambung atau GERD.

Adanya Infeksi

Tenggorokan gatal bisa jadi karena adanya infeksi yang menyerang seperti virus atau bakteri. Tanda infeksi yaitu muncul dengan rasa gatal dan sakit tenggorokan. Kondisi ini sebaiknya tidak anda sepelekan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Alergi

Jika kamu mempunyai riwayat alergi debu, asap rokok, polusi udara, atau zat iritan lainnya, maka dapat menyebabkan batuk disertai tenggorokan gatal. Gejala alergi ini dapat hilang dan muncul bersamaan atau bergantian. Jadi, bukan hal yang mustahil jika kamu merasakan gatal di tenggorokan.

Untuk mengatasi tenggorokan gatal, anda bisa mencoba beberapa cara, termasuk:

Minum sesendok madu
Berkumur dengan air garam
Memakan tablet hisap dan obat batuk
Memberikan semprotan hidung
Minum teh panas dengan lemon dan madu

Add a Comment