Nasional

MEGA PROYEK Jembatan Selat Sunda Akan Kembali Direncanakan

PrimaBerita – Wacana mega proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) kembali muncul setelah Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) meminta pemerintah mempertimbangkan kembali pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS). Alasannya mereka cukup sederhana. Keberadaan Jembatan Selat Sunda (JSS) untuk memperlancar arus barang dan orang usai tersambungnya tol di Jawa dan Sumatera.

Banyak Persoalan

Namun, wacana ini masih punya banyak persoalan yang tentu jadi batu sandungan, dari hal teknis, keamanan, sampai politis ihwal prioritas pemerataan pembangunan timur dan barat. 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) memang sudah dikaji secara teknis melalui sebuah tim independen. Namun, kajian saja tidak cukup untuk merealisasikan proyek tersebut. 

Penjelasan Moeldoko

“Kajian tidak cukup dari sisi teknikal, dari sisi bagaimana pengaruhnya ke gempa, arus, angin, dan sebagainya,” kata Moeldoko di kompleks kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7/2019). 

“Tapi kajian komprehensif bagaimana tinjauan dari sisi pertahanan keamanan, tinjauan dari sisi pengaruh lingkungan strategiknya seperti apa dan sebagainya. Jadi mungkin perlu waktu yang lebih dalam lagi,” jelasnya. 

Baca juga: Aksi Damai Aliansi Mahasiswa Papua, Berakhir Ricuh. Ini Tuntunannya

Bagikan:

Tinggalkan Balasan