Blackbox Belum Terbaca, Ini Pengakuan Sejumlah Saksi Yang Melihat Lion Air JT 610 Jatuh

Primaberita.com – Meski kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di laut utara Karawang telah di temukan, namun pihak KNKT belum bisa memastikan apa penyebab kecelakaan peswat naas yang membawa 189 orang penumpang tersebut karena data dari black box belum terbaca secara keseluruhan.

Namun demikian, ada sejumlah saksi yang mengaku melihat langsung peristiwa sebelum pesawat Lion Air jatuh ke laut. Salah satu nya adalah Anatasia Lorinda Dorkas Mengko yang mengaku melihat detik-detik pesawat Lion Air yang jatuh ke Perairan Karawang, Jawa Barat sesaat setelah lepas landas.

Menurutnya, pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 itu mengeluarkan asap tebal tak lama setelah lepas landas di Bandara Soekarno-Hatta. Ia meyakinkan jika ia tahu persis bagaimana pesawat itu terbang karena kebetulan rumahnya dekat dengan Bandara Soetta.

“Posisi pesawat miring ke kiri, yakin sekali karena ada tulisan Lion itu, terbang ke atas dengan kepala menukik ke atas, setelah lewat saya lihat bodi bawah itu ada asap antara roda itu yang saya lihat sebelah kanan,” beber Anastasia.

Ia mengaku sempat shock melihat kejadian itu namun tak tahu harus berbuat apa. Beberapa saat kemudian pesawat itu hilang dari pandangan matanya sehingga ia melanjutkan aktivitasnya sebagai tukang ojek online.

Hampir mirip dengan pengakuan Anastasia, seorang nelayan di Muara Bungin bernama Niman (47) juga mengaku melihat detik-detik jatuhnya pesawat di perairan Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat, pada Senin 29 Oktober 2018 pagi. Ketika itu ia sedang menyelam sebelum akhirnya mendengar suara dentuman keras dari dalam air.

Niman sendiri tak menyangka jika suara dentuman keras yang didengarnya ternyata berasal dari pesawat yang jatuh. Ironisnya, lokasi jatuhnya pesawat nahas tersebut hanya berjarak sangat dekat dengan dirinya.

“Jadi, waktu itu saya lagi cari ikan pakai alat. Pas lagi menyelam, tiba-tiba saya dengar tuh suara dentuman kencang sekali. Saya benar-benar kaget dan langsung keluar dari air,” ujar Niman.

 

Add a Comment