5 Obat Alami Penurun Suhu Tubuh Pada Saat Sakit Demam

Primaberita.com –  Sakit demam merupakan salah satu reaksi dari tubuh akibat terjadinya infeksi virus ataupun bakteri. Pada saat terjadinya infeksi dalam tubuh, sel darah putih akan mengeluarkan zat pyrogen, dan zat tersebut akan memberikan signal kepada hipotalamus agar membuat suhu tubuh meningkat pada saat terjadinya infeksi.

Penyebab demam biasanya karena ada infeksi di streptokokus pada tenggorokan, infeksisinus, atau karena tertular penyakit, bisa juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Jika seseorang terserang demam, tubuh akan mengeluarkan keringat dingin, menggigil, sakit kepala dan tenggorokan, terasa lelah pada tubuh dan sakit pada otot.

Dan perlu diingat demam bukanlah suatu penyakit, melainkan pertanda tubuh akan diserang penyakit lain. Untuk kondisi demam yang tidak terlalu parah jangan berlebihan dalam mengkonsumsi obat-obatan. Ada beberapa cara tradisional untuk mengobati demam ringan. Cara ini tidak akan memberikan efek samping yang negatif bagi tubuh. Akan tetapi jika dalam beberapa hari demam tak kunjung sembuh sebaiknya anda periksa ke dokter. Berikut beberapa tips untuk menurunkan demam :

1. Kompres Dengan Air Hangat

Caranya adalah masukkan handuk bersih ke wadah yang berisi air hangat. setelah itu peras handuk dan usapkan ke bagian tubuh seperti ketiak, kaki, tangan, dan bagian  lipatan untuk mengurangi suhu panas. Cara ini dapat menjaga suhu tubuh tetap normal. Jangan gunakan air es, karena air es dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat.

2. Bawang Putih

Bawang putih dapat membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga dapat membantu tubuh menurunkan suhu tubuh lebih cepat. Selain itu bawang putih mengandung zat anti-jamur dan antibakteri yang mampu melawan infeksi dan menangkal penyakit.

Caranya adalah cincang halus satu siung bawang putih dan tambahkan kedalam satu gelas  air, rebus selama 10 menit. Setelah itu minum air rebusannya. Cara lainnya adalah campurkan dua siung bawang putih yang telah halus dengan dua sendok makan minyak zaitun kemudian panaskan. Setelah dingin oleskan di telapak kaki dan tambahkan beberapa bawang putih yang telah ditumbuk, bungkus dengan kain kasa agar bawang putih tidak berceceran dan biarkan selama semalaman.

3. Apel

Ambil satu buah apel dan rebus dengan setengah gelas air, rebus sampai apel menjadi lembut. Setelah itu saring airnya dan tambahkan dengan madu asli setelah itu kamu dapat meminumnya agar suhu tubuh menurun.

4. Jeruk

Vitamin C yang ada pada jeruk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peras satu buah jeruk kemudian campurkan dengan setengah gelas air. Dan jangan ditambahkan dengan es ataupun gula.

5. Jahe

Jahe dapat membantu mengeluarkan suhu panas dari dalam tubuh. Caranya adalah campurkan jahe dengan satu gelas air dan rebus sampai beberapa menit. Setelah itu tambahkan sedikit madu dan konsumsi minuman ini tiga atau empat kali sehari agar demam segera turun.

Selain itu untuk mengatasi demam kamu juga perlu minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi, dan istirahat yang banyak. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sayuran hijau untuk menambah kekebalan tubuh.

Add a Comment